Breaking News

Peristiwa tsunami di aceh pada tahun 2004 menunjukkan bahwa indonesia merupakan negara yang beberapa wilayahnya berpotensi mengalami kejadian bencana gempa bumi hingga tsunami. tuliskan! 1. mengapa wilayah aneh rawan terhadap bencana gempa bumi dan tsunami!

peristiwa tsunami di aceh pada tahun 2004 menunjukkan bahwa indonesia merupakan negara yang beberapa wilayahnya berpotensi mengalami kejadian bencana gempa bumi hingga tsunami. tuliskan! 1. mengapa wilayah aneh rawan terhadap bencana gempa bumi dan tsunami!

Jawabannya adalah terletak dekat dengan jalur pertemuan lempeng.

Tsunami Aceh tahun 2004 dipicu oleh gempa tektonik. Gempa tektonik ini terjadi karena adanya aktifitas pertemuan Lempeng Eurasia dan Lempeng Indo-Australia, penjelasan ilmiahnya yaitu dari data rekaman getaran tanah dalam seismogram menunjukkan adanya rekaman gelombang badan (body) berupa gelombang P (Pressure) yang tercatat tiba lebih awal dibandingkan gelombang S (Shear) yang datang berikutnya, yang selanjutnya diikuti oleh gelombang permukaan (surface). Munculnya fase-fase gelombang body ini menjadi bukti bahwa gempa dan tsunami Aceh dipicu oleh aktivitas tektonik.

Oleh karena itu, jawabannya adalah terletak dekat dengan jalur pertemuan lempeng.

Baca Juga :  Perubahan apa yang akan meningkatkan laju reaksi antara I2(s) dan H2(g) ?