Keberagaman masyarakat Indonesia setidaknya dapat menimbulkan sejumlah permasalahan, diantaranya adalah konflik. Sebutkan Konflik apasajakah berdasarkan jenisnya !

Keberagaman masyarakat Indonesia setidaknya dapat menimbulkan sejumlah permasalahan, diantaranya adalah konflik. Sebutkan Konflik apasajakah berdasarkan jenisnya !

Jawabannya adalah
1. Konflik antarbudaya.
2. Konflik antaragama.
3. Konflik antarsuku.

Penjelasan konsep.

Keberagaman masyarakat adalah kondisi masyarakat yang memilki banyak perbedaan yang meliputi, perbedaan agama, ras, suku, budaya dan lain sebagainya. Oleh sebab itu masyarakat yang memiliki banyaknya perbedaan tersebut, memiliki resiko berupa adanya konflik horizontal. Seperti resiko yang dimiliki oleh masyarakat Indonesia yang memiliki banyak keragaman.

Konflik horizontal adalah konflik atau pertentangan yang terjadi antara dua pihak yang memiliki status atau derajat yang sama. Konflik horizontal biasanya, muncul akibat adanya perasaan promordialisme atau sikap yang memegang teguh nilai dan budaya yang dibawa sejak lahir. Sehingga memicu munculnya sikap fanatisme dalam diri individu kelompok. Ada juga sikap etnosentrisme atau sikap yang meremehkan kelompok lain. Sehingga hal tersebut memicu munculnya beberapa konflik yaitu :

1. Konflik antarbudaya, pertentangan yang terjadi dan melibatkan dua kelompok masyarakat yang memiliki perbedaan kebudayaan. Contohnya masyarakat yang meremehkan budaya dari luar kelompoknya.
2. Konflik antaragama, pertentangan yang terjadi antara pemeluk agama berbeda,akibat adanya sikap fanatisme yang tidak disertai rasa toleransi. Contohnya pembakaran tempat ibadah di Papua.
3. Konflik antarsuku, pertengan antara dua kelompok suku yang berbeda, yang dipengaruhi oleh sikap minoritas dan mayoritas kelompok. Contohnya konflik antara Suku Sampit dengan Suku Madura.

Dari penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa keberagaman yang ada di Indonesia dapat mengakibatkan konflik horizontal antara satu kelompok dengan kelompok lain yang meliputi konflik antarbudaya, konflik antarsuku, konflik antaragama serta jenis konflik lainnya.

Baca Juga :  Teks cerita ulang biografi termasuk ....