Manfaat pemetaaan konflik

manfaat pemetaaan konflik

Jawaban yang benar adalah memahami situasi konflik, melihat dengan jelas hubungan antara pihak yang berkonflik, mengklarifikasi kekuatan pihak yang berkonflik, mengecek keseimbangan atau kontak seseorang, melihat sekutu atau aliansi, mengidentifikasi waktu untuk intervensi, dan mengevaluasi perkembangan konflik.

Konflik sosial adalah pertentangan antar anggota masyarakat yang bersifat menyeluruh dalam kehidupan. Konflik berasal dari kata kerja latin “configere”. Artinya saling memukul. Secara sosiologi, konflik diartikan sebagai suatu proses sosial antara dua orang atau lebih. Sementara itu, pemetaan konflik merupakan salah satu teknik dari sederetan teknik dan alat yang sangat membantu dalam menganalisa dan memecahkan konflik.

Adapun manfaat dari pemetaan konflik, antara lain:
1. Memahami situasi konflik secara lebih baik.
2. Melihat lebih jelas hubungan antara para pihak yang terlibat atau terkait langsung maupun tidak langsung.
3. Mengklarifikasi kekuatan pihak-pihak yang berkonflik.
4. Mengecek keseimbangan aktivitas atau kontak seseorang melalui peta konflik.
5. Melihat sekutu atau aliansi potensial berada dengan mengetahui pihak pro dan kontra antara para pihak yang terlibat dalam konflik.
6. Mengidentifikasi waktu untuk intervensi atau pengambilan tindakan.
7. Mengevaluasi apa yang telah dilakukan dan mengetahui perkembangan konflik.

Jadi, jawaban yang tepat adalah memahami situasi konflik, melihat dengan jelas hubungan antara pihak yang berkonflik, mengklarifikasi kekuatan pihak yang berkonflik, mengecek keseimbangan atau kontak seseorang, melihat sekutu atau aliansi, mengidentifikasi waktu untuk intervensi, dan mengevaluasi perkembangan konflik.

Baca Juga :  Tentukan nilai f‘(x) • g‘(x) dari f(x) = 6x² + 3x - 9, g(x) = 3 - x