Jelaskan pengaruh positif dari kebijakan Gubernur Jendral Thomas Standfor Raffles!

Jelaskan pengaruh positif dari kebijakan Gubernur Jendral Thomas Standfor Raffles!

Jadi, dampak positif dari kebijakan Raffles, yaitu: ia mengenalkan sistem sewa tanah (landrente), mendukung Bataviaach Genootscap, menulis buku History of Java, serta merintis berdirinya Kebun Raya Bogor.

Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut:

Inggris di bawah pimpinan Thomas Stamford Raffles berhasil merebut seluruh kekuasaan Belanda di Indonesia yang ditandai dengan Perjanjian Kapitulasi Tuntang pada 1811. Dalam bidang sosial dan ekonomi, Raffles memberikan pengaruh positif seperti melakukan langkah besar yang sangat berbeda dengan kebijakan yang diterapkan pemerintahan Belanda. Raffles mengenalkan sistem sewa tanah (landrente) yang membebaskan petani dari beban tanam paksa. Petani diberikan kebebasan untuk menanam tanaman ekspor, sedangkan pemerintah membuat pasar untuk merangsang petani menanam tanaman yang paling menguntungkan.

Kebijakan Raffles di bidang ilmu pengetahuan ditunjukkan dengan ditulisnya buku berjudul History of Java, memberikan bantuan kepada John Crawfurd (Residen Yogyakarta) untuk mengadakan penelitian yang menghasilkan buku berjudul History of the East Indian Archipelago, mendukung Bataviaach Genootschap atau sebuah perkumpulan kebudayaan dan ilmu pengetahuan, serta dirintisnya Kebun Raya Bogor.

Dengan demikian, dampak positif dari kebijakan Gubernur Jendral Thomas Standfor Raffles antara lain: mengenalkan sistem sewa tanah, mendukung Bataviaach Genootscap, serta merintis berdirinya Kebun Raya Bogor.

Semoga membantu 😊

Baca Juga :  Sebuah limas dengan volumenya 384m3 dan tingginya 8cm2, tentukan luas alasnya