Breaking News

Nilai moral yang terkandung dalam penggalan novel berikut adalah…. Bacalah penggalan novel berikut! Atas keinginan sendiri, ibu mengisahkan sebuah dongeng ketika bulan menjadi penuh, ia akan menjelma menjadi raksasa di langit. Maka arwah-arwah yang lelah meninggalkan dunia fana akan menengok ke jendela itu untuk melihat ke bumi. Melihat jasadnya yang terkubur. Melihat apa-apa yang mereka tinggalkan sebagai kerinduan atau penyesalan. (deasy tirayoh, udumbara)

Nilai moral yang terkandung dalam penggalan novel berikut adalah….

Bacalah penggalan novel berikut!

Atas keinginan sendiri, ibu mengisahkan sebuah dongeng ketika bulan menjadi penuh, ia akan menjelma menjadi raksasa di langit. Maka arwah-arwah yang lelah meninggalkan dunia fana akan menengok ke jendela itu untuk melihat ke bumi. Melihat jasadnya yang terkubur. Melihat apa-apa yang mereka tinggalkan sebagai kerinduan atau penyesalan. (deasy tirayoh, udumbara)

a. dongeng yang menceritakan tentang kematian.
b. dongeng terjadinya bulan purnama
c. hal-hal yang terjadi ketika bulan purnama
d. seorang ibu yang menceritakan sebuah dongeng.
e. kerinduan orang-orang yang sudah meninggal.

Jawabannya adalah E.

Perhatikan penjelasan berikut, ya.

Novel adalah prosa panjang yang mengandung rangkaian cerita kehidupan dengan menonjolkan watak dan sifat pelaku.

Novel mengandung unsur ekstrinsik, yaitu nilai-nilai. Salah satu nilai dalam novel adalah nilai moral. Nilai moral adalah nilai-nilai yang terkandung dalam novel, yang berkaitan dengan akhlak, budi pekerti atau nilai baik dan buruk yang dapat diterima secara umum, mengenai sikap, perbuatan, kewajiban, dan lain sebagainya.

Cara menemukan nilai dalam novel, yaitu:
1. Membaca cerpen dengan saksama.
2. Menganalisis tindakan atau perkataan tokoh. Selain itu juga dapat dilakukan dengan menganalisis narasi yang ditulis.
3. Menyimpulkan nilai-nilai kehidupan.

Berdasarkan penjelasan di atas, nilai moral yang terkandung dalam penggalan novel berikut adalah “Kerinduan orang-orang yang sudah meninggal.” Hal ini dibuktikan dengan kutipan narasi yang berbunyi, “Maka arwah-arwah yang lelah meninggalkan dunia fana akan menengok ke jendela itu untuk melihat ke bumi. Melihat jasadnya yang terkubur. Melihat apa-apa yang mereka tinggalkan sebagai kerinduan atau penyesalan.”

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E.

Baca Juga :  Berdasarkan percobaan, larutan yang bersifat asam ditunjukkan oleh angka .....

Semoga membantu😊