Perhatikan gambar struktur bakteri di bawah ini! Struktur tubuh bakteri di atas yang memiliki fungsi untuk mengodekan gen-gen yang diperlukan agar dapat bertahan pada keadaan yang kurang menguntungkan ditunjukkan oleh nomor ….

Perhatikan gambar struktur bakteri di bawah ini!
Struktur tubuh bakteri di atas yang memiliki fungsi untuk mengodekan gen-gen yang diperlukan agar dapat bertahan pada keadaan yang kurang menguntungkan ditunjukkan oleh nomor ….
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5

Perhatikan gambar struktur bakteri di bawah ini! Struktur tubuh bakteri di atas yang memiliki fungsi untuk mengodekan gen-gen yang diperlukan agar dapat bertahan pada keadaan yang kurang menguntungkan ditunjukkan oleh nomor ....

Jawaban yang tepat adalah opsi D. 4.

Struktur tubuh bakteri di atas yang memiliki fungsi untuk mengodekan gen-gen yang diperlukan agar dapat bertahan pada keadaan yang kurang menguntungkan ditunjukkan oleh nomor 4 yaitu plasmid.

Plasmid adalah DNA berserat ganda yang berbentuk lingkaran dan mempunyai kemampuan untuk bereplikasi sendiri tanpa tergantung dari replikasi kromosom. Di dalam satu sel, dapat ditemukan lebih dari satu plasmid dengan ukuran yang sangat bervariasi namun semua plasmid tidak mengkodekan fungsi yang penting untuk pertumbuhan sel tersebut. Umumnya, plasmid menyandi gen-gen yang diperlukan agar dapat bertahan pada keadaan yang kurang menguntungkan sehingga bila lingkungan kembali normal, DNA plasmid dapat dibuang.

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah D.

Baca Juga :  Diketahui beberapa sifat larutan sebagai berikut. 1. Rasanya masam. 2. Dapat mengubah warna kertas lakmus merah menjadi biru. 3. Dapat bereaksi dengan basa membentuk garam. 4. Mempunyai pH < 7. Sifat-sifat yang sesuai dengan sifat asam ditunjukkan oleh nomor ...