Jelaskan mengapa kerajaan Gowa-Tallo dapat dikuasai oleh VOC Belanda!

Jelaskan mengapa kerajaan Gowa-Tallo dapat dikuasai oleh VOC Belanda!

Jawabannya adalah karena politik devide et impera yang dilakukan VOC dengan mengadu domba Arung Palaka ( raja Bone) dengan Sultan Hasanuddin ( raja Gowa Tallo) .

Yukk simak penjelasan berikut ini:

Kesultanan Gowa-Tallo merupakan salah satu kesultanan terbesar di kawasan Indonesia Timur pada sekitar abad 16 – 17 Masehi. Gowa-Tallo memiliki kekuatan ekonomi perdagangan yang sangat kuat. Kesultanan ini memiliki pelabuhan perdagangan internasional yang berada di Somba Opu (pesisir Sulawesi Selatan). Kejayaan Gowa-Tallo ketika berada dibawah pemerintahan Sultan Hasanuddin (1653-1669 M) membuat posisi VOC di kawasan Indonesia Timur menjadi terancam. VOC bermusuhan dengan Kerajaan tersebut, tidak hanya melakukan tindakan monopoli perdagangan namun juga menyerang rakyat. Perlawanan dari pihak Gowa Tallo tidak pernah berhenti, hingga akhirnya VOC menggunakan politik Devide et Impera dengan meminta bantuan Arung Palaka dari Kesultanan Bone. Arung Palaka menerima permintaan dari VOC dengan alasan ingin membalas kekalahannya atas Gowa-Tallo dan merebut kembali kemerdekaan Bone. Hingga akhirnya Kerajaan Gowa Tallo jatuh ke tangan VOC.

Dengan demikian, Gowa Tallo dapat dikuasai VOC karena politik devide et impera yang dilakukan VOC dengan mengadu domba Arung Palaka ( raja Bone) dengan Sultan Hasanuddin ( raja Gowa Tallo) .

 

Baca Juga :  Jelaskan definisi litosfer