Kegiatan manusia di bawah ini yang dapat mengganggu keseimbangan ekosistem adalah ….

Kegiatan manusia di bawah ini yang dapat mengganggu keseimbangan ekosistem adalah ….
a. Menanami sawah dengan palawija
b. Menangkap ikan di laut dengan jaring
c. Membangun jembatan di atas sungai besar
d. Melakukan pembakaran hutan untuk membuka lahan

Jawabannya adalah D. Melakukan pembakaran hutan untuk membuka lahan.

Simak pembahasan berikut.

Ekosistem adalah suatu sistem ekologi yang didalamnya terdapat hubungan timbal balik antara keanekaragaman spesies makhluk hidup dengan lingkungannya. Melakukan pembakaran hutan untuk membuka lahan merupakan sebuah tindakan yang dapat mengganggu keseimbangan ekosistem di hutan. Apabila hutan dibakar, maka kehidupan hewan dan tumbuhan yang ada di hutan akan mati. Hal tersebut bisa membuat ketidakseimbangan ekosistem hutan.

Pohon-pohon besar yang ada di hutan merupakan ekosistem utama. Apabila pohon-pohon tersebut hilang, maka sumber utama dari ekosistem tersebut tidak bisa terpenuhi. Akibatnya akan merusak ekosistem selanjutnya, dan bisa terjadi adanya kepunahan hewan, hilangnya sumber makanan dan habitat (tempat tinggal) hewan-hewan yang ada di hutan. Jadi, ketika terjadi kebakaran hutan maka hewan-hewan tersebut tidak memiliki tempat tinggal dan sumber makanan mereka lagi.

Apabila manusia ingin membuka lahan baru, sebaiknya mereka juga membuka lahan baru untuk keberlangsungan hidup tumbuhan dan hewan, yaitu dengan cara reboisasi (menanam hutan kembali). Cara tersebut juga bisa mengembalikan ekosistem hutan berlangsung dengan baik lagi. Manusia juga di untungkan dengan tersedianya oksigen dari pohon-pohon di hutan tersebut.

Jadi, kegiatan manusia yang dapat mengganggu keseimbangan ekosistem adalah melakukan pembakaran hutan untuk membuka lahan (opsi D).

Baca Juga :  Reklame pada gambar tersebut bertujuan untuk ....