Tuliskan urutan struktur organisasi dari yang kecil sampai yang besar

Tuliskan urutan struktur organisasi dari yang kecil sampai yang besar

Jawabannya adalah molekul, organel, sel, jaringan, organ, sistem organ, organisme, populasi, komunitas, ekosistem, bioma, dan biosfer.

Urutan organisasi kehidupan adalah sebagai berikut:

1. Molekul : merupakan unit terkecil dari unsur kimia, berupa kumpulan dua atau lebih atom yang membentuk sifat suatu zat. Contoh : air.
2. Organel : merupakan struktur yang terbentuk dari berbagai macam molekul. Organel adalah bagian dari sel yang memiliki tugas spesifik. Contoh : mitokondria.
3. Sel : merupakan unit terkecil dari struktur makhluk hidup. Satu sel terdiri dari berbagai macam organel. Contoh : sel hewan.
4. Jaringan : merupakan kumpulan sel sejenis yang bekerja sama untuk melakukan tugas tertentu. Contoh : jaringan otot.
5. Organ: merupakan kumpulan beberapa jenis jaringan yang bekerja sama untuk melakukan fungsi tertentu. Contoh : jantung.
6. Sistem Organ: merupakan sekumpulan organ yang bekerja sama untuk menjalankan fungsi tubuh tertentu. Contoh : sistem peredaran darah.
7. Organisme: merupakan suatu individu yang dapat berupa organisme uniseluler maupun multiseluler yang terdiri dari organ dan sistem organ. Contoh : sapi.
8. Populasi: merupakan sekelompok organisme sejenis yang tinggal di dalam kawasan tertentu. Contoh : populasi sapi di padang rumput.
9. Komunitas: merupakan kumpulan beberapa jenis populasi yang hidup saling bergantung dalam satu kawasan tertentu. Contoh: populasi sapi, kerbau, dan kuda di padang rumput.
10. Ekosistem: merupakan dari faktor biotik (unsur hidup) dan abiotik (unsur tidak hidup) yang hidup saling berdampingan dalam suatu kawasan. Contoh : ekosistem padang rumput, selain ada hewan juga ada air, tanah, udara.
11. Bioma: merupakan suatu wilayah kehidupan yang mencakup vegetasi dan fauna dengan suatu iklim tertentu. Contoh : hutan hujan tropis.
12. Biosfer: merupakan semua ekosistem di bumi yang mencakup semua jenis hewan, tumbuhan, dan faktor abiotik bumi secara keseluruhan.

Baca Juga :  Organ reproduksi wanita terdiri atas organ reproduksi luar dan organ reproduksi dalam. yang termasuk organ reproduksi dalam wanita adalah ......

Jadi, jawabannya adalah molekul, organel, sel, jaringan, organ, sistem organ, organisme, populasi, komunitas, ekosistem, bioma, dan biosfer.

 

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut di Google News

ilmuantekno.com