[…] 1. Hutan yang digunakan sebagai lahan produksi disebut sebagai hutan produksi. 2. Kawasan hutan tersebut sangat berperan dalam perekonomian karena menambah […] negara. 3. Umumnya, hutan produksi ditumbuhkan oleh pepohonan keras yang perkembangannya diusahakan untuk dipungut hasilnya, seperti akar, kayu, dan damar. 4. Hasil produksi hutan digunakan untuk keperluan masyarakat dan pembangunan industri, namun masih […] fungsi ekologisnya. 5. Hasil produksi hutan sebagian besar dikirim ke luar negerl sebagai pendapatan negara dalam […] komoditas nonmigas. 6. Sebenarnya, selain untuk industri, hutan produksi dapat juga digunakan sebagai objek […], seperti wisata hutan pinus. (Diadaptasi dari: Mengenal Hutan, Desy A. P) 10. Kata yang paling tepat untuk melengkapi titik-titik pada kalimat 4 adalah

[…] 1. Hutan yang digunakan sebagai lahan produksi disebut sebagai hutan produksi. 2. Kawasan hutan tersebut sangat berperan dalam perekonomian karena menambah […] negara. 3. Umumnya, hutan produksi ditumbuhkan oleh pepohonan keras yang perkembangannya diusahakan untuk dipungut hasilnya, seperti akar, kayu, dan damar. 4. Hasil produksi hutan digunakan untuk keperluan masyarakat dan pembangunan industri, namun masih […] fungsi ekologisnya. 5. Hasil produksi hutan sebagian besar dikirim ke luar negerl sebagai pendapatan negara dalam […] komoditas nonmigas. 6. Sebenarnya, selain untuk industri, hutan produksi dapat juga digunakan sebagai objek […], seperti wisata hutan pinus. (Diadaptasi dari: Mengenal Hutan, Desy A. P)

10. Kata yang paling tepat untuk melengkapi titik-titik pada kalimat 4 adalah
A. menandai
B. memikirkan
C. mengacuhkan
D. memperhatikan
E. menimbangkan

Jawaban yang tepat adalah D.

Kata pelengkap atau komplemen adalah bagian frasa verba yang membuatnya menjadi predikat lengkap dalam klausa.

Pada soal diatas, jawaban yang tepat adalah memperhatikan. Berikut kalimatnya.
Hasil produksi hutan digunakan untuk keperluan masyarakat dan pembangunan industri, namun masih memperhatikan fungsi ekologisnya.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa jawaban yang tepat adalah D.memperhatikan.

Baca Juga :  Bayangan titik A (2,3) B (-2,5) dan C (4,-3) oleh translasi T(-2,5) adalah