Berikut ini hewan yang mengalami tahap jentik-jentik dalam daur hidupnya adalah….

Berikut ini hewan yang mengalami tahap jentik-jentik dalam daur hidupnya adalah….
a. Nyamuk
b. Kecoa
c. Katak
d. Lalat

Jawaban: A. nyamuk

Pembahasan:
Jentik-jentik merupakan tahapan larva pada hewan nyamuk saat mengalami metamorfosis. Jentik-jentik sering kita temukan di dalam air yang diam atau tidak mengalir.

Nyamuk mengalami metamorfosis sempurna, yaitu siklus hidup hewan yang tubuhnya berbeda antara saat masih berupa hewan muda dengan hewan yang sudah dewasa yang ditandai dengan adanya fase pupa atau kepompong. Tahapan metamorfosis sempurna yang dialami oleh nyamuk, yaitu telur – larva (jentik-jentik) – pupa – imago atau serangga dewasa.

Jadi, hewan yang mengalami tahap jentik-jentik dalam daur hidupnya adalah nyamuk.

Baca Juga :  Tubuh manusia terdiri dari berbagai organ yang saling bekerja bersama. Gangguan pada suatu organ tubuh akan mengakibatkan organ tubuh yang lain tidak mampu bekerja secara maksimal. Dan jantung adalah salah satu organ yang sangat vital dan menjadi mesin kehidupan dalam tubuh manusia karena berfungsi sebagai pompa yang menyalurkan darah ke seluruh tubuh. Bila kesehatan jantung terganggu tentunya tidak akan dapat bekerja secara normal, tentunya akan mengganggu organ tubuh yang lain karena aliran darah dalam tubuh terganggu. Kalimat tanya yang sesuai dengan isi paragraf tersebut adalah...