Breaking News

Jelaskan 2 bentuk hewan yang dapat dibedakan berdasarkan sistem tubuh dan lapisan penyusun tubuh.

jelaskan 2 bentuk hewan yang dapat dibedakan berdasarkan sistem tubuh dan lapisan penyusun tubuh.

Berdasarkan sistem tubuhnya hewan dibagi dua yaitu hewan yang berdarah panas dan berdarah dingin. Berdasarkan lapisan tubuhnya dikategorikan menjadi dua jenis yaitu diploblastik dan tripoblastik.

Mari kita bahas yuk!

Berdasarkan sistem tubuhnya hewan dibagi dua yaitu hewan yang berdarah panas dan hewan yang berdarah dingin.

– Hewan berdarah dingin (poikiloterm) adalah hewan yang mengatur suhu di dalam tubuhnya sesuai dengan suhu di lingkungannya dan cara hewan beradaptasi dengan lingkungannya. Jadi suhu tubuh hewan berdarah dingin kurang lebih sama dengan suhu lingkungannya. Kelompok hewan berdarah dingin adalah reptil, serangga, arachnida, amfibi, dan ikan.

– Hewan berdarah panas (homoiterm) dapat mempertahankan suhu tubuhnya dalam kondisi konstan meskipun cuaca dingin atau panas. Dua jenis hewan yang termasuk dalam golongan hewan berdarah panas adalah pengelompokan hewan jenis mamalia dan aves.

Berdasarkan lapisan tubuhnya dikategorikan menjadi dua jenis yaitu diploblastik dan tripoblastik.

– Diploblastik merupakan hewan yang memilki dua lapisan tubuh, yaitu endoderm (lapisan dalam) dan eksoderm (lapisan luar. Contoh hewannya yaitu ubur-ubur, hidra, karang, dan anemon laut.

– Triploblastik merupakan hewan yang mempunyai 3 lapis sel tubuh, yaitu endoderm, eksoderm, dan mesoderm (lapisan tengah). Contoh hewannya yaitu cacing tanah, bintang laut dan lintah.

Jadi, berdasarkan sistem tubuhnya hewan dibagi dua yaitu yang berdarah panas dan berdarah dingin. Berdasarkan lapisan tubuhnya dikategorikan menjadi dua jenis yaitu diploblastik dan tripoblastik.

Baca Juga :  Bagaimanakah pantomim yang telah ada sejak zaman Mesir kuno dan India mempengaruhi semua di yunani