Mengurangi penggunaan produk-produk yang mengandung chlorofluorocarbons (CFC) dengan menggunakan produk-produk yang ramah lingkungan, merupakan …

Mengurangi penggunaan produk-produk yang mengandung chlorofluorocarbons (CFC) dengan menggunakan produk-produk yang ramah lingkungan, merupakan …

Jawaban:
Mengurangi penggunaan produk-produk yang mengandung chlorofluorocarbons (CFC) dengan menggunakan produk-produk yang ramah lingkungan merupakan langkah untuk meminimalisir kemungkinan penipisan lapisan ozon.

Pambahasan:
Lapisan ozon adalah lapisan yang terdapat pada stratosfer yang terdiri dari molekul-molekul ozon yang berfungsi untuk melindungi bumi dari pancaran sinar dan radiasi ultraviolet yang berlebihan. Namun lapisan ozon tersebut dapat mengalami penipisan yang diakibatkan oleh gas rumah kaca, terutama chlorofluorokarbon (CFC).

CFC digunakan pada pendingin udara sebagai bahan yang aktif dalam instalasi AC atau freon AC. Emisi CFC yang mencapai lapisan stratosfer menyebabkan terbentuknya lubang-lubang pada lapisan ozon.

Lapisan ozon yang menipis menyebabkan lebih bayak radiasi sinar ultraviolet yang masuk ke permukaan bumi. Akibatnya suhu di bumi semakin meningkat, terjadi global warming, dan menyebakan es di kutub mencair. Peningkatan radiasi ultraviolet juga menjadi salah satu penyebab meningkatnya angka kejadian kanker kulit.

Jadi, mengurangi penggunaan produk-produk yang mengandung chlorofluorocarbons (CFC) dengan menggunakan produk-produk yang ramah lingkungan merupakan langkah untuk meminimalisir kemungkinan penipisan lapisan ozon.

Baca Juga :  Klorofil yang berperan dalam fotosintesis pada daun banyak terdapat pada jaringan.....