Breaking News

Apa itu membran sel?

Apa itu membran sel?

Jawabannya yaitu selaput tipis yang menyelubungi sebuah sel sehingga memisahkan komponen dalam sel dari lingkungan luar sel.

Yuk simak penjelasan berikut ini!

Membran sel adalah selaput tipis yang menyelubungi sebuah sel sehingga memisahkan komponen dalam sel dari lingkungan luar sel. Membran sel terdiri dari senyawa-senyawa lipida, protein dan karbohidrat. Fungsi membran sel yaitu melindungi sel, menyelubungi sel, interaksi antar sel, mengatur pertumbuhan sel, dan sebagai perantara zat. Membran plasma mempunyai lapisan ganda fosfolipid di mana kepala hidrofilik menghadap ke arah air pada setiap sisi, sedangkan ekor hidrofobik terlindung dari sentuhan air. Membran sel mempunyai beberapa sifat yaitu sifat dinamis, sifat asimetris, impermeabel, permeabel, dan semipermeabel. Ciri dari membran sel yaitu struktur dasar membran adalah lapisan ganda fosfolipid, terbuat dari fosfolipid bilayer, mengatur molekul masuk dan keluar dari sel sehingga bersifat selektif permeabel, dan mempunyai protein di dalam membran sel.

Jadi, membran sel adalah selaput tipis yang menyelubungi sebuah sel sehingga memisahkan komponen dalam sel dari lingkungan luar sel.

Baca Juga :  Hukum akikah