Breaking News

Udara yang tercemar dapat menyebabkan sesak napas, bahkan keracunan. Pencemaran udara dapat berupa debu, asap, dan bau tak sedap. Debu biasanya berasal dari tanah kering serpihan kayu, atau benda padat lain yang amat halus. Debu semakin banyak pada musim kemarau. Kalimat tanya yang sesuai pada teks di atas adalah…

Udara yang tercemar dapat menyebabkan sesak napas, bahkan keracunan. Pencemaran udara dapat berupa debu, asap, dan bau tak sedap. Debu biasanya berasal dari tanah kering serpihan kayu, atau benda padat lain yang amat halus. Debu semakin banyak pada musim kemarau.

Kalimat tanya yang sesuai pada teks di atas adalah…
A. Dari mana debu berasal?
B. Mengapa bau tak sedap terjadi?
C. Apa saja yang termasuk dalam pencemaran udara?
D . Apa saja kandungan dari debu?

Jawaban yang tepat untuk soal di atas adalah A.

Yuk kita simak pembahasan berikut.

Kalimat tanya adalah kalimat yang digunakan untuk menanyakan sesuatu.

Ciri-ciri kalimat tanya adalah sebagai berikut.
1. Diakhiri dengan tanda baca tanya (?).
2. Umumnya diawali dengan kata-kata tanya seperti apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana.
3. Biasanya disertai dengan imbuhan -kah, dan partikel -kan.
4. Kalimat tanya yang tidak menggunakan kata ADIKSIMBA (apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana) di awal kalimat, kemudian menggunakan partikel –kan atau -iya pada bagian akhir kalimat biasanya dipisahkan dengan tanda koma (,).
5. Memiliki dua macam intonasi, yaitu pada kalimat tanya yang membutuhkan jawaban ya atau tidak memiliki intonasi menaik pada bagian akhir kalimat, sedangkan kalimat tanya yang membutuhkan jawaban panjang memiliki intonasi menurun pada bagian akhir kalimat.

Pada soal di atas terdapat penggalan teks mengenai pencemaran udara. Kalimat tanya yang sesuai pada teks di atas adalah “Dari mana debu berasal?”

Hal itu dikarenakan terdapat jawaban atas kalimat tanya tersebut, yaitu pada kalimat ke-3 yang berisi “Debu biasanya berasal dari tanah kering serpihan kayu, atau benda padat lain yang amat halus.”

Baca Juga :  Pak dedi memiliki 3 petak sawah sawah pertama panen 2,5 ton pada kedua panen 22 kuintal pada ketiga 2100 kg 8,6 kuintal dibagikan kepada tetangga dan 4,3 ton dijual berapa padi yang tersisa

Dengan demikian, jawaban yang tepat untuk soal di atas adalah A.