Cemaran gas karbon monoksida di udara yang dihasilkan dari pembakaran BBM yang tidak sempurna sangat berbahaya bagi manusia karena

Cemaran gas karbon monoksida di udara yang dihasilkan dari pembakaran BBM yang tidak sempurna sangat berbahaya bagi manusia karena
(A) bersifat sangat korosif
(B) sangat mudah bereaksi dengan hemoglobin dalam darah
(C) mengurangi kadar O2 di udara
(D) menurunkan kecerdasan pada anakanak
(E) menyebabkan kanker paru-paru

Jawaban yang benar adalah B. sangat mudah bereaksi dengan hemoglobin dalam darah

Pembakaran tidak sempurna akan menghasilkan partikel padat yang dikenal dengan asap dan berisi butiran-butiran halus dari karbon (jelaga), karbon monoksida, karbon dioksida, dan uap air.
Gas karbon dioksida (CO2) merupakan gas rumah kaca yang dapat menyebabkan terjadinya pemanasan global, sedangkan gas karbon monoksida akan berikatan dengan hemoglobin sehingga mengganggu fungsi hemoglobin dalam mengikat oksigen. Akibatnya, pada kadar tertentu dapat menyebabkan kematian.

Jadi, gas karbon monoksida di udara yang dihasilkan dari pembakaran BBM yang tidak sempurna sangat berbahaya bagi manusia karena sangat mudah bereaksi dengan hemoglobin dalam darah.

Baca Juga :  Diketahui matriks A = [(x-2y y)(4 1)] dan B = [(5 3)(2x x-y)] dengan hasil penjumlahan matriks B + A = [(1 8)(16 2)]. Tentukan matriks A dan B!