Apakah hakikat sistem pertahanan dan keamanan rakyat semesta?

Apakah hakikat sistem pertahanan dan keamanan rakyat semesta?

Jawaban atas pertanyaan tersebut adalah melibatkan seluruh rakyat dan semua sumber daya nasional, sarana dan prasarana nasional, dan segenap wilayah negara sebagai satu kesatuan pertahanan.

Berikut ini penjelasannya:

Sistem pertahanan keamanan rakyat semesta artinya pertahanan negara Indonesia bersifat semesta. Yaitu, melibatkan seluruh rakyat dan semua sumber daya nasional, sarana dan prasarana nasional, dan segenap wilayah negara sebagai satu kesatuan pertahanan. Pertahanan negara sendiri disusun dengan prinsip demokrasi, hak asasi manusia, kesejahteraan umum, lingkungan hidup, ketentuan hukum nasional & internasional, kebiasaan internasional, dan prinsip hidup damai berdampingan dengan memperhatikan kondisi Indonesia sebagai negara kepulauan.

Dengan demikian, jawaban yang tepat seperti paparan diatas.

Baca Juga :  Berbagai manfaat Sistem Informasi Geografi 1. mengetahui persebaran sumber daya alam 2. mengetahui daerah bencana alam 3. mengetahui kepadatan penduduk 4. mengetahui penyebaran lahan potensial dan lahan kritis 5. merencanakan pembangunan Yang termasuk manfaat SIG di bidang pertanian adalah