Perhatikan berita berikut! Peretasan berulang terhadap situs sekretariat kabinet merupakan puncak gunung es dari serangan terhadap laman daring lembaga negara. Sistem keamanan yang relatif lemah membuat situs web pemerintah, baik pusat maupun daerah, menjadi sasaran empuk para meretas. Selebihnya terjadi antara lain pada kelompok laman Arsip Nasional Republik Indonesia (ANDI), Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Badan Kepegawaian Negara (BKN), Kementerian Perindustrian, Kementerian Dalam Negeri, dan Kementerian Pertanian. Analisislah bidang ancaman dan bentuk ancaman berdasarkan berita di atas!

Perhatikan berita berikut!

Peretasan berulang terhadap situs sekretariat kabinet merupakan puncak gunung es dari serangan terhadap laman daring lembaga negara. Sistem keamanan yang relatif lemah membuat situs web pemerintah, baik pusat maupun daerah, menjadi sasaran empuk para meretas. Selebihnya terjadi antara lain pada kelompok laman Arsip Nasional Republik Indonesia (ANDI), Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Badan Kepegawaian Negara (BKN), Kementerian Perindustrian, Kementerian Dalam Negeri, dan Kementerian Pertanian.
Analisislah bidang ancaman dan bentuk ancaman berdasarkan berita di atas!

Jawaban : pertahanan dan keamanan dalam bentuk ilmu pengetahuan dan teknologi.

Ancaman di segala aspek kehidupan berbangsa dan bernegara merupakan ancaman yang dapat mempengaruhi kedaulatan NRI. Ancaman tersebut adalah di bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, dan pertahanan keamanan.

Peretasan berulang terhadap situs instansi pemerintahan dan lembaga negara mengancam pertahanan dan keamanan NRI dalam bentuk ilmu pengetahuan dan teknologi. Karena data-data rahasia negara disimpan dalam situs-situs resmi tersebut.

Jadi, jawaban yang tepat adalah pertahanan dan keamanan dalam bentuk ilmu pengetahuan dan teknologi.

 

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut di Google News

ilmuantekno.com

Baca Juga :  Perhatikanlah reaksi kesetimbangan : CaCO3(s) ⇋ CaO(s) + CO2(g)! Jika keadaan gas pada keadaan setimbang 0,75 atm, tentukanlah Kp!