Apa saja musim iklim koppen

apa saja musim iklim koppen

Iklim Koppen dibagi menjadi 5 tipe, yaitu Iklim A (Tropis), Iklim B (Kering), Iklim C (Sedang), Iklim D (Dingin), dan Iklim E (Kutub).

Berikut penjelasannya.

Iklim Koppen merupakan suatu pengelompokkan iklim berdasarkan rata-rata curah hujan dan temperatur nya. Klasifikasi iklim koppen terbagi menjadi 5 tipe, yaitu:
1) Iklim A (Tropis) ->dibagi menjadi 3 yaitu Af (hutan hujan tropis), Am (muson tropis), dan Aw (sabana tropis). Karakteristik iklim A adalah rata-rata suhu tahunan di atas 18°C, curah hujan tinggi, dan tidak ada musim dingin.
2) Iklim B (Kering) -> dibagi menjadi 2 yaitu Bs (stepa), dan Bw (gurun). Karakteristik iklim B adalah curah hujan rendah, dan tidak terdapat sungai permanen.
3) Iklim C (Sedang) -> dibagi menjadi 3 yaitu Cw (musim dingin kering), Cs (musim panas kering), dan Cf (tidak ada musim kering). Karakteristik iklim C adalah raya-rata suhu terdingin 0-18°C.
4) Iklim D (Dingin) -> dibagi menjadi 2 yaitu Df (hujan bersalju basah sepanjang tahun), dan Dw (hujan bersalju, musim dingin kering). Karakteristik iklim D adalah memiliki setidaknya 1 bulan dengan rata-rata suhu di atas 10°C, memiliki setidaknya 1 bulan dengan rata-rata suhu di bawah 0°C.
5) Iklim E (Kutub) -> dibagi menjadi 2 yaitu Et (tundra), dan Ef (salju abadi). Karakteristik iklim E adalah memiliki rata-rata suhu tahunan di bawah 10°C.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa iklim Koppen dibagi menjadi 5 tipe, yaitu Iklim A (Tropis), Iklim B (Kering), Iklim C (Sedang), Iklim D (Dingin), dan Iklim E (Kutub).

Baca Juga :  Lapisan atmosfer bertanda x pada gambar berikut berfungsi untuk ...