1.jelaskan prinsip kerja a. mesin 4 tak. b. mesin 2 tak. c. mesin diesel 2. sebutkan perbedaan mesin 2 tak dan 4 tak 3. sebutkan perbedaan mesin bensin dan mesin diesel​

1.jelaskan prinsip kerja

a. mesin 4 tak.
b. mesin 2 tak.
c. mesin diesel
2. sebutkan perbedaan mesin 2 tak dan 4 tak
3. sebutkan perbedaan mesin bensin dan mesin diesel​

Jawaban:

1. Mesin 4 tak beroperasi dengan 4 langkah proses pembakaran. Pada setiap langkah proses pembakaran, sebuah langkah kompresi dan sebuah langkah ekspansi terjadi. Pada mesin 2 tak, proses pembakaran hanya terjadi pada 2 langkah. Pada langkah pertama, campuran udara dan bahan bakar dikompresi dan pada langkah kedua, campuran udara dan bahan bakar ditekan dengan piston.

 

2. Mesin 4 tak memiliki 2 silinder, sehingga dapat beroperasi dengan lebih lancar dan responsif daripada mesin 2 tak. Mesin 2 tak hanya memiliki 1 silinder, sehingga sering mengalami gangguan dan kinerja yang tidak optimal.

 

3. Mesin bensin menggunakan bahan bakar bensin sebagai sumber energinya, sedangkan mesin diesel menggunakan bahan bakar diesel sebagai sumber energinya. Mesin diesel memiliki efisiensi yang lebih baik daripada mesin bensin, namun mesin bensin lebih responsif terhadap perintah daripada mesin diesel.

 

 

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut di Google News

ilmuantekno.com

Baca Juga :  Sebuah kursi memiliki 4 kaki, tiap kaki memiliki panjang 0,5 m dan lebar 0,2 m dan gaya yang diberikan pada kursi sebesar 10 N. Hitung tegangan pada kursi.. N/m²