Nenek moyang indonesia adalah

nenek moyang indonesia adalah

Terdapat 4 teori yang mengemukakan mengenai asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia ya, diantaranya adalah Teori Yunan, Teori Nusantara, Teori Out of Taiwan, dan Teori Out of Africa.

Pembahasan :

Kamu pasti pernah dengar kalau nenek moyang Indonesia adalah seorang pelaut kan, nah ternyata ada 4 teori yang menyatakan mengenai asal nenek moyang Indonesia. Teori tersebut antara lain:

1. Teori Yunan
Teori ini berpendapat bahwa bangsa Indonesia berasal dari Mongol yang terdesak oleh bangsa yang lebih kuat sehingga melakukan migrasi ke Selatan. Hal ini dibuktikan adanya kapak tua di wilayah bangsa Nusantara yang memiliki kemiripan dengan kapak tua yang ada di Asia Tengah.

2. Teori Nusantara
Teori Nusantara menjelaskan bahwa asal usul nenek moyang bangsa Indonesia berasal dari Indonesia sendiri. Teori ini dilandasi oleh beberapa argumen, antara lain Bangsa Melayu merupakan bangsa yang berperadaban tinggi. Peradaban ini tidak mungkin bisa dicapai apabila tidak melalui proses perkembangan dari kebudayaan sebelumnya.

3. Teori Out of Taiwan
Dalam teori ini, dijelaskan asal-usul bangsa Indonesia berasal dari Taiwan, bukan Daratan China. Dijelaskan bahwa dari keseluruhan bahasa yang dipergunakan suku-suku di Nusantara memiliki rumpun yang sama, yaitu rumpun Austronesia. Rumpun tersebut dikenal dengan rumpun Taiwan.

4. Teori Out of Africa
Manusia modern yang hidup sekarang berasal dari Afrika. Dasar teori asal usul nenek moyang bangsa Indonesia ini berdasarkan ilmu genetika melalui penelitian DNA mitokondria gen perempuan dan laki-laki.

Semoga bermanfaat ya !

Baca Juga :  Panjang gelombang 25 m dan mempunyai periode 10 sekon berapa cepat rambat