Breaking News

Pahami kutipan karya ilmiah berikut! Lontar merupakan salah satu jenis palem dengan sebaran geografis meliputi India, Sri Lanka, Asia Tenggara, sampai Papua. Pohon lontar diperkirakan berasal dari India. Di India, palem dijadikan tameng angin bagi suatu daratan. Pohon lontar juga terkadang dimanfaatkan sebagai “halte alami” bagi burung, kelelawar, dan bi na tang liar lainnya.

Pahami kutipan karya ilmiah berikut!
Lontar merupakan salah satu jenis palem dengan sebaran geografis meliputi India, Sri Lanka, Asia Tenggara, sampai Papua. Pohon lontar diperkirakan berasal dari India. Di India, palem dijadikan tameng angin bagi suatu daratan. Pohon lontar juga terkadang dimanfaatkan sebagai “halte alami” bagi burung, kelelawar, dan bi na tang liar lainnya.

Informasi yang disampaikan pada kutipan karya ilmiah tersebut adalah

a. penyebaran wilayah pohon lontar
b. pohon yang disukai oleh burung dan kelelawar
c. daerah di Asia merupakan tempat tumbuh pohon lontar
d. bi na tang yang suka singgah ke pohon lontar
e. manfaat “halte alami” bagi bi na tang liar

Jawaban yang tepat adalah A.

Pembahasan :

Informasi merupakan pemberitahuan secara tertulis maupun tidak tertulis untuk menyampaikan suatu hal penting.

Berdasarkan kutipan karya ilmiah di atas, informasi yang disampaikan dalam karya ilmiah tersebut adalah “penyebaran wilayah pohon lontar”. Hal ini karena informasi tersebut sesuai dengan kalimat utama pada kutipan karya ilmiah di atas yaitu “Lontar merupakan salah satu jenis palem dengan sebaran geografis meliputi India, Sri Lanka, Asia Tenggara, sampai Papua.”

Dengan demikian jawaban yang tepat adalah A.

 

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut di Google News

ilmuantekno.com

Baca Juga :  Pendapatan asli daerah (pad) terdiri atas...