Breaking News

Kawasan penghasil bijih timah utama di Asia Tenggara terdapat di . . . .

Kawasan penghasil bijih timah utama di Asia Tenggara terdapat di . . . .

a. Lembah Kinta
b. Pulau Bangka
c. Ranong
d. Lembah Klang

Jawaban yang benar adalah b. Pulau Bangka

Asia Tenggara merupakan wilayah benua Asia bagian tenggara. Kawasan ini mencakup Semenanjung Indochina, Semenanjung Malaka, dan Kepulauan Melayu. Wilayah Asia Tenggara memiliki banyak potensi sumber daya alam, termasuk timah.

Peringkat negara-negara penghasil timah di Asia Tenggara, yaitu:
1. Indonesia : menduduki peringkat pertama sebagai negara penghasil timah di Asia Tenggara, sekaligus peringkat kedua di dunia setelah China. Kawasan penghasil timah di Indonesia dikelola oleh PT. Timah di Pulau Bangka.
2. Myanmar : menduduki peringkat kedua sebagai negara penghasil timah di Asia Tenggara. Pusat produksi timah Myanmar, yaitu provinsi Man Maw.
3. Vietnam : menduduki peringkat ketiga sebagai negara penghasil timah di Asia Tenggara.
4. Malaysia : menduduki peringkat keempat sebagai negara penghasil timah di Asia Tenggara. Pusat produksi timah di Malaysia ada di kawasan Lembah Kinta, Perak, dan Selangor.
5. Laos : menduduki peringkat kelima sebagai negara penghasil timah di Asia Tenggara. Pusat produksi timah di Laos dibawah perusahaan Lao-Korean Tin Mines.
6. Thailand : menduduki peringkat keenam sebagai negara penghasil timah di Asia Tenggara. Pusat produksi timah di Thailand berada di kawasan Laut Andaman dan Pulau Phuket.

Berdasarkan penjelasan di atas, kawasan penghasil timah utama di Asia Tenggara adalah Indonesia, tepatnya di kawasan Pulau Bangka.

Jadi, jawaban yang benar adalah b. Pulau Bangka

 

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut di Google News

ilmuantekno.com

Baca Juga :  Jelaskan yang dimaksud bunga sempurna dan bunga tidak sempurna