Peninggalan masa hindu-budha yang saat ini masih dimiliki indonesia adalah candi borobuddur dan candi prambanan, yang berada di ……….

peninggalan masa hindu-budha yang saat ini masih dimiliki indonesia adalah candi borobuddur dan candi prambanan, yang berada di ……….

Candi Borobudur berada di Magelang, Jawa Tengah dan Candi Prambanan berada di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Simak pembahasan berikut.

Masuknya ajaran Hindu-Buddha di Nusantara pastinya akan meninggalkan pengaruh dalam kehidupan sosial masyarakat. Ditambah berdiri dan berkembangnya kerajaan-kerajaan yang tersebar di wilayah Nusantara, salah satu peninggalan sejarah Hindu-Budha di Indonesia adalah candi

Candi adalah bangunan kuno yang dibuat dari batu (sebagai tempat pemujaan, penyimpanan abu jenazah raja-raja, pendeta-pendeta Hindu dan Buddha pada zaman dulu). Istilah candi berasal dari salah satu nama untuk Dewi Durgha (dewi maut) yaitu Candika, di mana itu ada kaitannya dengan fungsi candi sebagai tempat untuk memuliakan raja yang tela meninggal. Candi di Indonesia ada yang dibangun berdiri sendiri dan yang dibangun berkelompok. Candi yang berdiri sendiri seperti Candi Borobudur yang berada di Magelang Jawa Tengah, sedangkan candi yang berkelompok adalah candi Prambanan yang berada di Sleman Yogyakarta.

Jadi, Candi Borobudur berada di Magelang, Jawa Tengah dan Candi Prambanan berada di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Baca Juga :  Bantu + jalan nya biar sy ngerti​