Breaking News

Apa yang dimaksud dengan ras melanesoid

apa yang dimaksud dengan ras melanesoid

Ras Melanesoid adalah salah satu ras yang mendiami Indonesia, yang kebanyakan ditemukan di daerah Indonesia bagian timur. Ras Melanesoid datang ke Indonesia pada sekitar 70.000 tahun SM saat penghujung zaman es.

Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut.

Ras Melanesoid adalah salah satu ras yang mendiami Indonesia, yang kebanyakan ditemukan di daerah Indonesia bagian timur. Ras Melanesoid datang ke Indonesia pada sekitar 70.000 tahun SM saat penghujung zaman es. Ras ini bermigrasi dari Asia ke Oceania, tepatnya ke wilayah Papua dan benua Australia, yang saat itu masih menjadi satu daratan. Diperkirakan terdapat 70 persen ras Melanesoid yang menempati wilayah Papua. Dalam perkembangannya, ras Melanesoid melakukan percampuran dengan ras Melayu di Indonesia. Secara silsilah, ras Melanesoid melahirkan keturunan yang bersuku-suku seperti Suku Asmat, Suku Dani, Suku Amungme, dan Suku Huli.

Ciri-ciri fisik ras Melanesoid di antaranya sebagai berikut :

1. Kulitnya berwarna gelap
2. Rambutnya kriting dan gelap
3. Bibirnya relatif tebal
4. Postur tubuhnya tegap
5. Hidung lebar
6. Tingginya sekitar 160 cm hingga 170 cm

Selain itu, dalam hal budaya, bangsa Melanesoid sering menggunakan kapak genggam dan kapak perimbas dalam kegiatan sehari-harinya. Kegunaannya adalah sebagai alat untuk memotong dan berburu.

Dengan demikian, Ras Melanesoid adalah salah satu ras yang mendiami Indonesia, yang kebanyakan ditemukan di daerah Indonesia bagian timur. Ras Melanesoid datang ke Indonesia pada sekitar 70.000 tahun SM saat penghujung zaman es.

Baca Juga :  Biopori dikenal dengan istilah Teknologi Lubang Resapan (TLR), merupakan teknik untuk membuat wilayah resapan air hujan. Yang bukan manfaat biopori bagi lingkungan adalah….