Bangsa barat yang melakukan penjelajahan samudra dan pertama kali tiba di indonesia tahun 1512 adalah bangsa ….

Bangsa barat yang melakukan penjelajahan samudra dan pertama kali tiba di indonesia tahun 1512 adalah bangsa ….

Jawaban: Portugis

PEMBAHASAN

Rute pejelajahan samudra yang ditempuh oleh bangsa Portugis dimulai dari kota Lisabon (1486 dan 1497), menyusuri pantai barat Afrika, semenanjung Harapan, pantai timur Afrika berlayar kearah timur menuju ke Calicut (India) pada tahun 1498 masehi. Di India, Vasco da Gama mendirikan kantor dagang. Kemudian pada tahun 1511 Alfonso d’Albuquerque yang menggantikan Vasco da Gama berhasil menguasai Selat Malaka. Setelah menguasai Malaka, bangsa Portugis melanjutkan pelayarannya kearah timur menuju Indonesia. Rombongan yang dipimpin Alfonso de Albuquerque tiba di Maluku pada 1512. Di sana, Portugis disambut baik oleh Kerajaan Ternate yang sedang bertikai dengan Kerajaan Tidore. Di Kerajaan Ternate, bangsa Portugis diizinkan untuk membangun sebuah benteng di wilayah Ternate.

Dengan demikian, bangsa barat yang melakukan penjelajahan samudra dan pertama kali tiba di indonesia tahun 1512 adalah Portugis.

 

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut di Google News

ilmuantekno.com

Baca Juga :  The correct arrangement is.... English(1) - as(2) - my(3) - Raffi Ahmad(4) - is(5) - teacher(6) - as(7) - handsome(8).