Jalur transportasi pada tumbuhan dapat dibagi menjadi dua secara umum, yaitu simplas dan apoplas. jalur simplas meliputi pergerakan zat melalui sitoplasma dari tumbuhan, sementara jalur apoplas melalui membran plasma atau di luar dari sitoplasma sel. namun untuk bisa masuk ke dalam xilem, zat-zat harus melalui pita caspary pada endodermis yang bersifat selektif permeable. zat harus masuk menggunakan jalur simplas untuk bisa masuk ke dalam xilem dikarenakan substrat penghalang dari pita caspary. substrat tersebut adalah?

jalur transportasi pada tumbuhan dapat dibagi menjadi dua secara umum, yaitu simplas dan apoplas. jalur simplas meliputi pergerakan zat melalui sitoplasma dari tumbuhan, sementara jalur apoplas melalui membran plasma atau di luar dari sitoplasma sel. namun untuk bisa masuk ke dalam xilem, zat-zat harus melalui pita caspary pada endodermis yang bersifat selektif permeable. zat harus masuk menggunakan jalur simplas untuk bisa masuk ke dalam xilem dikarenakan substrat penghalang dari pita caspary. substrat tersebut adalah?

Jawaban yang benar adalah substrat suberin yang merupakan bahan berlilin sehingga tahan air dan mineral terlarut.

Secara umum jalur transportasi pada tumbuhan dapat dibagi menjadi dua yaitu simplas dan apoplas. Jalur simplas meliputi pergerakan air dan zat melalui sitoplasma dari tumbuhan, sementara jalur apoplas melalui membran plasma atau di luar dari sitoplasma sel. Namun untuk bisa masuk ke dalam xilem, zat-zat harus melalui pita caspary pada endodermis yang bersifat selektif permeable. Akibatnya, zat harus masuk menggunakan jalur simplas untuk bisa masuk ke dalam xilem.

Pita caspary bersifat selektif permeable dikarenakan kandungan substrat penghalang dari pita caspary berupa suberin. Suberin merupakan bahan berlilin yang bersifat kedap terhadap air dan mineral terlarut.

Dengan demikian, substrat pita caspary yang menjadi penghalang bagi air dan zat terlarut untuk masuk secara apoplas adalah suberin yang merupakan bahan berlilin.

Baca Juga :  Dalam 3,6 gram glukosa (C6H12O6) mempunyai jumlah mol sebanyak ... (Ar: C = 12, H = 1, O = 16)