Dengan meninjau airfoil pada sayap pesawat terbang, dengan gambar berikut, maka dapat kita tentukan bahwa …

Dengan meninjau airfoil pada sayap pesawat terbang, dengan gambar berikut, maka dapat kita tentukan bahwa …

Dengan meninjau airfoil pada sayap pesawat terbang, dengan gambar berikut, maka dapat kita tentukan bahwa ...

Jawaban yang benar untuk pertanyaan tersebut adalah ketika tekanan udara (P) dan kecepatan udara (v) pada bagian bawah sayap pesawat lebih besar daripada bagian atas sayap pesawat, maka pesawat akan bergerak naik sedangkan apabila tekanan dan kecepatan udara di atas sayap pesawat lebih besar, maka pesawat akan bergerak turun.

Airfoil atau Aerofoil adalah suatu bentuk geometri yang apabila ditempatkan di suatu aliran fluida akan memproduksi gaya angkat lebih besar dari gaya hambat.
Ketika tekanan udara (P) dan kecepatan udara (v) pada bagian bawah sayap pesawat lebih besar daripada bagian atas sayap pesawat, maka pesawat akan bergerak naik sedangkan apabila tekanan dan kecepatan udara di atas sayap pesawat lebih besar, maka pesawat akan bergerak turun.

Jadi, jawaban yang tepat adalah ketika tekanan udara (P) dan kecepatan udara (v) pada bagian bawah sayap pesawat lebih besar daripada bagian atas sayap pesawat, maka pesawat akan bergerak naik sedangkan apabila tekanan dan kecepatan udara di atas sayap pesawat lebih besar, maka pesawat akan bergerak turun.

Baca Juga :  Dari puncak tebing yang tingginya 150 m, seorang pendaki melihat pelabuhan dengan sudut depresi 30°. Tentukan jarak antara pelabuhan dan tebing!