Jelaskan devisa sebagai alat vital negara dan sebagai pengukur ekonomi?

Jelaskan devisa sebagai alat vital negara dan sebagai pengukur ekonomi?

Jawabannya, devisa sebagai alat vital mengandung arti devisa digunakan untuk memenuhi kepentingan masyarakat dalam suatu negara. Sedangkan devisa sebagai pengukur ekonomi mengandung arti bahwa devisa menjadi alat ukur untuk menilai tingkat perekonomian suatu negara.

Pembahasan:
Devisa adalah semua benda yang disetujui dan digunakan sebagai alat pembayaran internasional. Contohnya mata uang asing, emas, surat berharga, migas, dan lainnya.

Devisa sebagai alat vital negara mengandung arti bahwa devisa berkaitan dengan kepentingan masyarakat dalam suatu negara. Devisa menjadi salah satu bentuk pendapatan negara yang digunakan untuk mendanai pembangunan negara, juga memenuhi kebutuhan masyarakat yang tidak dapat diproduksi sendiri melalui kegiatan impor. Jika suatu negara mengalami kekurangan devisa, maka negara tersebut akan sulit berkembang dan mengadakan kegiatan pembangunan untuk masyarakatnya.

Sedangkan devisa sebagai pengukur ekonomi mengandung arti bahwa devisa menjadi alat ukur untuk menilai tingkat perekonomian suatu negara. Alat ukur tersebut dilihat dari nilai tukar mata uang dalam negeri terhadap devisa. Semakin kuat mata uang dalam negeri terhadap devisa, maka semakin baik perekonomian negara tersebut, karena menandakan tingginya penerimaan devisa dibanding pengeluaran devisanya. Sebaliknya semakin lemah mata uang dalam negeri terhadap devisa, maka semakin buruk perekonomian negara tersebut, karena menandakan tingginya pengeluaran devisa dibanding penerimaan devisanya.

Jadi, devisa sebagai alat vital mengandung arti devisa digunakan untuk memenuhi kepentingan masyarakat dalam suatu negara. Sedangkan devisa sebagai pengukur ekonomi mengandung arti bahwa devisa menjadi alat ukur untuk menilai tingkat perekonomian suatu negara.

Baca Juga :  Bangun ruang Jika salah satu sisi kubus mempunyai panjang 15 Cm.. Akan diisi dgn Air sampai penuh, Kira kira berapa banyak air yang dibutuhkan untuk mengisi setengahnya kubus ?? Jika kubus bocor dan Menghasilkan debit 12 Cm³/ menit maka berapa lama kubus akan kosong kembali??​