Jauh sebelum mengenal uang, manusia sudah melakukan transaksi dengan menggunakan praktik barter yaitu, pertukaran barang dan/ atau jasa untuk barang dan/atau jasa yang dinginkan. karena kebutuhan manusia yang terus meningkat dan tidak efesiennya penggunaan barter maupun uang komoditas, masyarakat mengembangkan alat tukar lebih efesien dan terukur yaitu uang.

jauh sebelum mengenal uang, manusia sudah melakukan transaksi dengan menggunakan praktik barter yaitu, pertukaran barang dan/ atau jasa untuk barang dan/atau jasa yang dinginkan. karena kebutuhan manusia yang terus meningkat dan tidak efesiennya penggunaan barter maupun uang komoditas, masyarakat mengembangkan alat tukar lebih efesien dan terukur yaitu uang.

1. Dalam kehidupan sehari-hari, sebutkan alat pembayaran yang anda gunakan dan jelaskan alasannya

Jawaban yang benar adalah uang cash, e-money, kartu debit.

Pembahasan
Alat pembayaran tunai adalah alat yang digunakan untuk melakukan pembayaran terhadap suatu transaksi secara tunai.
Alat pembayaran yang sering digunakan adalah sebagai berikut:
1. Alat pembayaran tunai
Alat pembayaran tunai yang sering digunakan adalah uang cash. Uang cash sering digunakan karena alat pembayaran yang paling umum digunakan, terlebih jika kita ke pasar tradisional, ke warung harus membayar cash karena jarang toko-toko di pasar tradisional yang bisa menggunakan e-money.
2. E-money
E-money atau elektronik money adalah alat pembayaran non tunai. Alasan memakai e-money karena penggunaannya cukup mudah dan di beberapa e-money sering ada diskon.
3. Kartu debit
Kartu debit adalah sebuah kartu pembayaran secara elektronik yang diterbitkan oleh bank. Kartu debit cukup mudah digunakan karena pengguna hanya perlu menggesekkan kartu ke mesin dan juga penggunaan kartu debit bisa digunakan di tokot-toko yang sudah modern seperti pasar swalayan.

Dengan demikian berdasarkan pembahasan diatas maka awaban yang benar adalah uang cash, e-money, kartu debit.

Baca Juga :  Diketahui kubus ABCD.EFGH dengan panjang rusuk 22 cm. Titik O merupakan perpotongan garis AH dan DE. Jarak titik O ke G adalah ... cm.