This knife is not very sharp. have you got a … one?

This knife is not very sharp. have you got a … one?
a. more sharp
b. sharper
c. most sharp
d. sharpest

Jawaban yang benar adalah: B. sharper.

Mari simak pembahasan soal berikut ini!

Soal meminta kamu melengkapi bagian rumpang dengan kata yang benar.

Kalimat soal bermakna “Pisau ini tidak begitu tajam. Apakah kamu bawa pisau yang ….?”

Dari makna kalimat, kita tahu bahwa bagian rumpang harus dilengkapi dengan kata sifat di tingkat comparative yang bermakna “lebih tajam”.

Untuk diketahui, dalam bahasa Inggris, kata sifat “tajam” disebut dengan “sharp”.

Tentu kamu sudah mempelajari tentang comparison degree, bukan? Ya, comparison degree (tingkat perbandingan kata sifat) selalu berpatokan pada jumlah suku kata yang dimiliki oleh kata sifat (adjective).

Bila kata sifat tersebut memiliki satu atau dua suku kata, maka, di tingkat comparative, kata sifat tersebut ditambahkan suffix atau akhiran (-er) kemudian diikuti dengan kata “than”. Contoh: cheap – cheaper (than) – (the) cheapest; lazy – lazier than – the laziest.

Bila kata sifat tersebut memiliki dua atau lebih suku kata, maka, di tingkat comparative, kata sifat tersebut harus diawali dengan kata “more” kemudian diakhiri dengan kata “than”. Contoh: honest – more honest (than) – (the) most honest; arrogant – more arrogant than – the most arrogant.

Karena kata sifat “sharp” memiliki satu suku kata, maka kata sifat “sharp” harus ditambahkan suffix atau akhiran (-er) kemudian diikuti dengan kata “than”.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka bagian rumpang pada kalimat soal harus dilengkapi dengan comparative adjective (kata sifat di tingkat comparative) “sharper” sehingga kalimat utuh soal menjadi:

Baca Juga :  Jika kecepatan gelombang sebuah dasar laut 15 m/s dan waktu tiba gelombang sebesar 2 jam. Barapakah kedalaman air laut tersebut

“This knife is not very sharp. Have you got a sharper one?” (Pisau ini tidak begitu tajam. Apakah kamu bawa pisau yang lebih tajam.)

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah: B. sharper.