Isomer fungsi senyawa 2-metil-2propanol adalah ….

isomer fungsi senyawa 2-metil-2propanol adalah ….
a. etoksi propana
b. etoksi etana
c. metoksi butana
d. 1-butanol
e. 2-butanol

Jawaban: B. Etoksi Etana.

Isomer fungsi adalah keisomeran yang terjadi pada senyawa yang memiliki rumus molekul sama, tetapi memiliki gugus fungi yng berbeda. Apabila diperhatikan, nama senyawa 2-metil-2-propanol berakhiran dengan kata -ol. Hal ini menandakan bahwa senyawa 2-metil-2-propanol adalah senyawa golongan alkohol yang memiliki gugus -OH.

Senyawa alkohol memiliki rumus molekul secara umum yaitu CnH2n+2O. Selain itu, senyawa alkohol dapat mengalami isomer fungsi dengan senyawa eter. Hal ini dikarenakan, eter juga memiliki rumus molekul umum yang sama yaitu CnH2n+2O.

Senyawa 2-metil-2-propanol memiliki stuktur seperti gambar terlampir. Dari struktur tersebut senyawa 2-metil-2-propanol memiliki rumus molekul C4H10O. Isomer fungsi dari senyawa tersebut adalah etoksi etana. Etoksi etana memiliki gugus -O- dan rumus molekulnya adalah C4H10O. Struktur dari etoksi etana dapat dilihat pada gambar.

Jadi, isomer fungsi dari 2-metil-2-propanol adalah etoksi etana karena memiliki rumus molekul sama tetapi gugus fungsi yang berbeda.

Isomer fungsi senyawa 2-metil-2propanol adalah ....

Baca Juga :  Tentukan himpunan penyelesaian tiap persamaan berikut