Isomer fungsi senyawa 2-metil-2propanol adalah ….

isomer fungsi senyawa 2-metil-2propanol adalah ….
a. etoksi propana
b. etoksi etana
c. metoksi butana
d. 1-butanol
e. 2-butanol

Jawaban: B. Etoksi Etana.

Isomer fungsi adalah keisomeran yang terjadi pada senyawa yang memiliki rumus molekul sama, tetapi memiliki gugus fungi yng berbeda. Apabila diperhatikan, nama senyawa 2-metil-2-propanol berakhiran dengan kata -ol. Hal ini menandakan bahwa senyawa 2-metil-2-propanol adalah senyawa golongan alkohol yang memiliki gugus -OH.

Senyawa alkohol memiliki rumus molekul secara umum yaitu CnH2n+2O. Selain itu, senyawa alkohol dapat mengalami isomer fungsi dengan senyawa eter. Hal ini dikarenakan, eter juga memiliki rumus molekul umum yang sama yaitu CnH2n+2O.

Senyawa 2-metil-2-propanol memiliki stuktur seperti gambar terlampir. Dari struktur tersebut senyawa 2-metil-2-propanol memiliki rumus molekul C4H10O. Isomer fungsi dari senyawa tersebut adalah etoksi etana. Etoksi etana memiliki gugus -O- dan rumus molekulnya adalah C4H10O. Struktur dari etoksi etana dapat dilihat pada gambar.

Jadi, isomer fungsi dari 2-metil-2-propanol adalah etoksi etana karena memiliki rumus molekul sama tetapi gugus fungsi yang berbeda.

Isomer fungsi senyawa 2-metil-2propanol adalah ....

Baca Juga :  Perhatikan pernyataan di bawah ini! (1) Membentuk jembatan konjugasi. (2) Tempat sintesis protein. (3) Menempel pada tempat hidupnya. (4) Alat gerak. (5) Alat tukar menukar materi genetik. Fungsi dari pilus ditunjukkan oleh nomor ....