Jelaskan apa yang kalian ketahui mengenai Indonesia sebangai satu kesatuan ekonomi

jelaskan apa yang kalian ketahui mengenai Indonesia sebangai satu kesatuan ekonomi

Jawaban yang benar adalah Indonesia sebagai satu kesatuan ekonomi yang berarti bahwa kekayaan wilayah Nusantara adalah modal dan milik bersama Bangsa, dan keperluan hidup sehari-hari harus tersedia merata di seluruh wilayah Tanah Air. Selain itu, tingkat perkembangan ekonomi harus serasi dan seimbang di seluruh daerah, tanpa meninggalkan ciri-ciri khas yang memiliki oleh daerah-daerah dalam pengembangan kehidupan ekonominya.

Perlu diketahui menurut ketetapan Majelis Permusyawaratan Republik Indonesia Nomor : IV/MPR/1978 tentang Garis-Garis Besar Haluan Negara dijelaskan bahwa Wawasan dalam mencapai tujuan Pambangunan Nasional adalah Wawasan Nusantara yang mencakup Perwujudan Kepulauan Nusantara sebagai satu Kesatuan Politik, Perwujudan Kepulauan Nusantara sebagai satu Kesatuan Sosial dan Budaya, Perwujudan Kepulauan Nusantara sebagai satu Kesatuan Ekonomi, Perwujudan Kepulauan Nusantara sebagai satu Kesatuan Pertahanan dan Keamanan.

Perwujudan Kepulauan Nusantara sebagai satu Kesatuan Ekonomi mengandung arti bahwa kekayaan wilayah Nusantara adalah modal dan milik bersama Bangsa, dan keperluan hidup sehari-hari harus tersedia merata di seluruh wilayah Tanah Air. Selain itu, tingkat perkembangan ekonomi harus serasi dan seimbang di seluruh daerah, tanpa meninggalkan ciri-ciri khas yang memiliki oleh daerah-daerah dalam pengembangan kehidupan ekonominya.

Jadi, Indonesia sebagai satu kesatuan ekonomi yang berarti bahwa kekayaan wilayah Nusantara adalah modal dan milik bersama Bangsa, dan keperluan hidup sehari-hari harus tersedia merata di seluruh wilayah Tanah Air. Selain itu, tingkat perkembangan ekonomi harus serasi dan seimbang di seluruh daerah, tanpa meninggalkan ciri-ciri khas yang memiliki oleh daerah-daerah dalam pengembangan kehidupan ekonominya.

Baca Juga :  2. Tentukan tiga suku berikutnya dari barisan bilangan berikut. c. 2,5,14,41,…,…,…