Kutipan resensi tersebut termasuk unsur….

perhatikan kutipan resensi berikut!
buku pengembangan alat permainan edukatif anak usia dini ini memaparkan contoh alat permainan edukatif berbasis agamais. tamsil- tamsil tersebut mengundang orang tua dan guru untuk terlibat penuh dalam pembuatan alat permainan. bahan-bahan yang digunakan begitu mudah didapat. bahkan mungkin diperoleh secara cuma-cuma. berbahan utama kertas karton, buku bergenre pendidikan aplikatif ini untuk menyajikan tata cara pembuatan permainan anak. bahan dasar bisa dikombinasikan dengan perangkat lain seperti triplek dan plastik. alat permainan edukatif berbasis agamais bagi bocah menitikberatkan pada konten ketimbang renik bentuk permainan. sebut saja jalan pintar alat permainan yang digambarkan mendetail oleh buku ini tetap menggunakan bahan dasar kertas karton. namun konten pengajaran agama juga diedarkan inklusif

kutipan resensi tersebut termasuk unsur….
a. pendahuluan
b. isi resensi
c. penutup

Jawaban yang tepat adalah B.

Perhatikan penjelasan berikut, ya.

Resensi adalah suatu penilaian atau ulasan terhadap sebuah karya (buku).

Sistematika dalam menulis resensi, yaitu:
1. Judul resensi yang disusun sesuai dengan isi resensi, menarik, singkat, jelas, dan tidak menimbulkan salah penafsiran.
2. Identitas buku, yaitu bagian yang diisi dengan judul, tahun terbit, kota terbit, penerbit, tebal halaman, dan identitas lainnya dengan terperinci.
3. Pembukaan, yaitu bagian yang memaparkan pengarang buku, seperti namanya atau prestasinya, serta membandingkan dengan karya sejenis yang sudah ada.
4. Isi resensi, yaitu bagian yang memperkenalkan secara garis besar isi buku/sinopsis. Peresensi dapat pula mengemukakan kelebihan dan kekurangan isi buku ditinjau dari berbagai sudut pandang.
5. Penutup, yaitu bagian akhir resensi yang memuat kesimpulan dari hasil resensi atau ulasan dan memuat sasaran pembaca yang tepat untuk buku yang sedang diulas.

Baca Juga :  Penjelasan tentang trigonometri

Berdasarkan penjelasan di atas, kutipan resensi tersebut termasuk unsur isi resensi. Hal ini karena dalam kutipan tersebut memuat gambaran isi buku yang diresensi, seperti “buku pengembangan alat permainan edukatif anak usia dini ini memaparkan contoh alat permainan edukatif berbasis agamais.”

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.