Tempat berhenti pelari setelah melakukan pukulan dalam softball dinamakan​

Tempat berhenti pelari setelah melakukan pukulan dalam softball dinamakan​

Permainan Bola kecil merupakan permainan olahraga yang menggunakan alat permainan berupa bola kecil. Gerak memukul dalam permainan kasti termasuk kedalam gerak dasar​ nonlokomotor dan manipulatif, karena gerak memukul dalam kasti tidak berpindah tempat tapi hanya gerakan mengayunkan tangan. Di sebut gerak manipulatif karena dalam memukul bola menggunakan alat pemukul yang di sebut stick. Prinsip yang harus diperhatikan oleh pemain yang akan memukul bola yaitu cara memegang pemukul. Di dalam permainan bola kecil, yaitu di lapangan softball terdapat tempat berhenti pelari setelah melakukan pukulan. Adapun nama tempat berenti pelari setelah melakukan pukulan dinamakan base.

 

Pembahasan

Permainan Bola kecil merupakan permainan olahraga yang menggunakan alat permainan berupa bola kecil. Jenis permainan bola kecil ini biasanya menggunakan pemukul untuk melakukannya. Olahraga bola kecil ini juga dapat dimainkan dalam laga tunggal maupun beregu.

 

Contoh permainan bola kecil, diantaranya:

  • Kasti, merupakan sebuah olahraga permainan beregu yang dimainkan oleh 2 regu, yang setiap regunya terdiri atas 12 orang pemain. Permainan ini dimainkan lapangan yang berbentuk 4 persegi panjang, dan dibatasi garis batas dengan lebar 5 cm. Alat yang digunakan pada permainan kasti adalah kayu pemukul dan bola kasti.
  • Tenis meja (ping pong), merupakan sebuah cabang olahraga yang dimainkan oleh 2 atau 4 pemain. Permainan tenis meja dimainkan di dalam gedung atau indoorgame. Alat yang digunakan dalam permainan ini yaitu lapangan tenis meja, perangkat net, bola, raket (bet).Bulu tangkis, merupakan cabang olahraga yang dimainkan oleh 2 atau 4 pemain. Olahraga ini termasuk dalam kelompok olahraga permainan. Permainan bulu tangkis dapat dimainkan di lapangan terbukan maupun tertutup. Alat yang digunakan dalam permainan bulu tangkis yaitu raket, bola bulu tangkis, lapangan, jaring/net.
  • Sepak takraw, merupakan jenis olahraga campuran dari voli dan sepak bola. Permainan sepak takraw terdiri dari 2 tim, setiap tim beranggotakan 2-4 orang, dan dimainkan di lapangan ganda bulu tangkis. Alat yang digunakan dalam permainan sepak takraw yaitu lapangan sepak takraw, jaring/net, bola sepak takraw.
Baca Juga :  Gambar berikut menunjukkan bentuk ..

 

Softball, adalah olahraga beregu yang terdiri atas 2 regu. Dalam permainan ini, setiap regu terdiri atas 9 orang pemain. Olahraga softball dapat dikelompokkan dalam permainan bola. Permainan ini sekilas mirip dengan permainan bola kasti. Namun, dalam permainan softball lebih banyak memerlukan ketangkasan dan menguras banyak pikiran. Alat yang digunakan dalam permainan softball antara lain : bola sofball, stick, glove (sarung tangan besar yang terbuat dari kulit), pitcher plate (pelambung bola), pelindung tubuh, penangkap bola, base (tempat hinggap pelari).

 

 

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut di Google News

ilmuantekno.com