Apakah translasi kolagen melibatkan retikulum endoplasma kasar?

Apakah translasi kolagen melibatkan retikulum endoplasma kasar?

Jawaban yang tepat untuk soal tersebut adalah pernyataan benar.

Simaklah penjelasan selengkapnya di bawah ini :

Sintesis protein adalah proses pembentukan protein. Tahap pertama dalam sintesis protein adalah transkripsi. Berikut penjelasannya.
1. Di dalam nukleus, RNA polimerase akan memisahkan untaian DNA menjadi dua dengan cara bergerak dari terminator ke promoter.
2. Ketika RNA polimerase sampai di promoter maka proses ini dinamakan inisiasi.
3. Selanjutnya, RNA polimerase akan kembali berjalan menuju ke terminator dan akan membentuk mRNA. Proses ini dinamakan elongasi.
4. Ketika RNA polimerase dan mRNA telah sampai di terminator, maka proses transkripsi selesai. Terminasi adalah proses akhir dari transkripsi.
5. Ketika mRNA terbentuk, maka mRNA atau RNA messenger atau RNA “pembawa pesan” bisa membawa kode hasil salinan DNA ke ribosom. Setelah tiba di ribosom, maka proses translasi dapat dimulai.

Tahapan kedua pada sintesis protein yaitu proses translasi antara lain sebagai berikut:
1. Pada tahap pertama inisiasi, kodon pertama mRNA yang bertemu dengan ribosom disebut kodon start. Kodon start ini adalah AUG.
2. Selanjutnya pada tahap elongasi, kodon yang dibawa mRNA akan diterjemahkan menjadi asam amino. Masing-masing asam amino akan digabungkan oleh tRNA membentuk rantai polipeptida.
3. Proses translasi berakhir ketika salah satu kodon stop (UAA, UAG, dan UGA) bertemu dengan ribosom (terminasi).

Dengan demikian, organel sel yang berperan dalam proses translasi pada tahap sintesis protein yang akan disekresikan keluar sel adalah ribosom (menempel di retikulum endoplsma kasar).

Dari penjelasan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa pernyataan translasi kolagen melibatkan retikulum endoplasma kasar adalah benar.

Baca Juga :  Bentuk ekuivalen dari 1 - cos alpha/sini alpha adalah