Berikut ini adalah nama-nama yang memiliki pola pertumbuhan batang monacaulis, kecuali .. . .

Berikut ini adalah nama-nama yang memiliki pola pertumbuhan batang monacaulis, kecuali .. . .
A. Musa sp.
B. Cocos nucifera
C. Arenga pinnata
D. Gleichenia sp.
E. Tectona grandis

Jawaban yang benar adalah D. 𝘎𝘭𝘦π˜ͺ𝘀𝘩𝘦𝘯π˜ͺ𝘒 sp. dan E. π˜›π˜¦π˜€π˜΅π˜°π˜―π˜’ 𝘨𝘳𝘒𝘯π˜₯π˜ͺ𝘴.

Berdasarkan pertumbuhan dan perkembangannya, kuncup daun atau cabang batang pokok pada tumbuhan dibedakan menjadi tiga tipe yaitu monocaulis, monopodial dan simpodial.

1. Batang monocaulis

Monocaulis adalah batang yang pertumbuhannya didominasi oleh kuncup ujung. Sementara itu, kuncup lateral akan tereduksi atau berkembang menjadi perbungaan. Akibatnya batang yang terbentuk adalah struktur batang tunggal. Batang monocaulis dapat dibedakan menjadi dua, yaitu monocaulis monocarpi dan monocaulis policarpi.

Pada pertumbuhan monocaulis monocarpi, pertumbuhan batang berhenti ketika kuncup di ujung berubah menjadi perbungaan pada usia tertentu. Contoh tumbuhan yang mengalaminya adalah famili pisang (Musaceae), empon (Zingiberaceae), garut, ganyong (Cannaceae) dan jenis palem sagu (π˜”π˜¦π˜΅π˜³π˜°π˜Ήπ˜Ίπ˜­π˜°π˜― 𝘴𝘒𝘨𝘰𝘰). Pada pertumbuhan monocaulis polycarpi, kuncup ujung tetap berfungsi, tetapi kuncup samping berubah menjadi perbungaan. Contoh tumbuhan yang memiliki pola pertumbuhan monocaulis policarpi adalah kelapa (𝘊𝘰𝘀𝘰𝘴 𝘯𝘢𝘀π˜ͺ𝘧𝘦𝘳𝘒) dan aren (𝘈𝘳𝘦𝘯𝘨𝘒 𝘱π˜ͺ𝘯𝘯𝘒𝘡𝘒).

2. Batang monopodial

Monopodial adalah batang yang pertumbuhannya didominasi oleh kuncup ujung dan kuncup lateral. Namun, pertumbuhan kuncup lateral kurang baik dibanding kuncup ujung. Batang pokok pada tipe monopodial tampak jelas. Contoh tumbuhan dengan batang monopodial adalah tumbuhan jati (π˜›π˜¦π˜€π˜΅π˜°π˜―π˜’ 𝘨𝘳𝘒𝘯π˜₯π˜ͺ𝘴), dan sengon.

3. Batang simpodial

Simpodial adalah batang yang pertumbuhannya didominasi oleh kuncup samping, sementara kuncup ujung mengalami pertumbuhan yang lambat atau tereduksi. Hal itu menyebabkan timbulnya tipe percabangan menggarpu. Contoh tumbuhan dengan batang simpodial adalah paku resam (𝘎𝘭𝘦π˜ͺ𝘀𝘩𝘦𝘯π˜ͺ𝘒 sp.)

Kesimpulannya adalah tumbuhan yang memiliki pola pertumbuhan batang monacaulis, kecuali D. 𝘎𝘭𝘦π˜ͺ𝘀𝘩𝘦𝘯π˜ͺ𝘒 sp. dan E. π˜›π˜¦π˜€π˜΅π˜°π˜―π˜’ 𝘨𝘳𝘒𝘯π˜₯π˜ͺ𝘴.

Baca Juga :  Tentukan fungsi invers dari f(x)=(x+2)/3.