Breaking News

Suatu jaringan tumbuhan memiliki karakteristik sebagai berikut: -dinding sel tipis dan elastis, -tersusun atas sel yang masih hidup, -tersusun atas sel yang aktif membelah, -sel tersusun rapat tanpa ruang antar sel, -ukuran sel relatif lebih kecil dengan nukleus yang lebih besar. Berdasar pada kakteristik tersebut, jenis jaringan yang dimaksud adalah ….

Suatu jaringan tumbuhan memiliki karakteristik sebagai berikut:

-dinding sel tipis dan elastis,
-tersusun atas sel yang masih hidup,
-tersusun atas sel yang aktif membelah,
-sel tersusun rapat tanpa ruang antar sel,
-ukuran sel relatif lebih kecil dengan nukleus yang lebih besar.

Berdasar pada kakteristik tersebut, jenis jaringan yang dimaksud adalah ….

Pembahasan :

Jaringan meristem merupakan jaringan tumbuhan yang masih muda dan belum terdiferensiasi, sehingga mampu melakukan pembelahan. Berdasarkan letaknya, jaringan meristem dibagi menjadi tiga, yaitu jaringan meristem apikal, meristem lateral, dan meristem interkalar.

Jaringan meristem apikal ditemukan pada ujung-ujung akar, batang, serta cabang-cabangnya. Sementara itu, jaringan meristem lateral terdapat pada batang dan sisi lateral batang. Jaringan ini juga bisa ditemukan di akar. Terakhir, jaringan meristem interkalar terdapat pada ruas tanaman, seperti rumput dan bambu, maupun di pangkal daun, seperti pada pinus.

Ciri-ciri : Jaringan meristem tersusun dari sel-sel muda yang berbentuk sama kecil dan bulat. Dinding selnya juga cenderung tipis dan elastis karena masih muda.

 

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut di Google News

ilmuantekno.com

Baca Juga :  Sebuah balok besi memiliki ukuran panjang 15cm lebar 12cm tinggi 10cm. jika massa balok besi sebesar 3.600 gram, hitung massa jenis balok besi tersebut​