Transportasi apoplas tidak dapat melewati xilem. Hal ini karena xilem mempunyai pita kaspari pada sel-sel . . . .

Transportasi apoplas tidak dapat melewati xilem. Hal ini karena xilem mempunyai pita kaspari pada sel-sel . . . .
A. epidermis
B. endodermis
C. ektodermis
D. korteks
E. stele

Jawaban yang tepat untuk soal tersebut adalah B. endodermis.

Simaklah penjelasan selengkapnya di bawah ini :

Apolas adalah transpor air dengan cara difusi. Jalur difusi apoplas berlangsung pada ruang-ruang antar dinding sel menuju ke silinder pusat. Jalur tersebut disebut dengan jalur apoplas yang merupakan jalur utama air dari akar ke silinder pusat. Apoplas dapat berlangsung pada seluruh bagian tumbuhan, namun tidak bisa melewati lignin atau zat kayu.

Transpor air oleh akar tumbuhan melalui 2 cara yaitu secara simplas dan apoplas. Berikut penjelasannya.
1. Pengangkutan secara simplas yaitu pengangkutan air secara osmosis dari rambut-rambut akar dan mengalir melewati korteks dan endodermis untuk masuk ke pembuluh xilem melalui plasmodesmata.
2. Pengangkutan secara apoplas yaitu pengangkutan air dengan cara difusi melalui ruang-ruang antar dinding sel menuju ke silinder pusat. Pada jalur apoplas, air akan masuk melalui ruang antar dinding sel hingga mencapai endodermis, setelah sampai endodermis laju aliran apoplas akan terhalangi oleh pita kaspari. Oleh karena itu, air terpaksa masuk ke dalam sel agar dapat mencapai endodermis melalui membran plasma. Apabila berhasil masuk ke endodermis, maka air akan mengikuti aliran simplas hingga mencapai jaringan pengangkut (xilem).

Dari penjelasan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa Transportasi apoplas tidak dapat melewati xilem karena xilem mempunyai pita kaspari pada sel-sel endodermis.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B. endodermis.

Baca Juga :  Tentukan nama dari senyawa asam dan basa berikut C. HCN