Bacalah kutipan teks biografi tokoh berikut ini. Andrea Hirata, penulis buku Laskar Pelangi, dilahirkan di sebuah desa cukup terpencil di Pulau Belitung. Tinggal di sebuah desa dengan segala keterbatasan memang cukup memengaruhi pribadi Andrea sedari kecil. Setelah menyelesaikan pendidikan di kampung halamannya, Andrea lantas memberanikan diri untuk merantau ke Jakarta selepas lulus SMA. Kala itu, keinginannya untuk menggapai cita-cita dan melanjutkan ke bangku kuliah menjadi dorongan terbesar untuk hijrah ke Jakarta. Andrea lantas memulai kehidupan barunya di Bogor sebagai penyotir surat di kantor pos Bogor. Atas dasar usaha kerasnya dalam menggapai cita-cita, Andrea berhasil melanjutkan pendidikannya di Fakultas Ekonomi, Universitas Indonesia. Merasakan bangku kuliah merupakan salah satu cita-citanya sejak ia berangkat dari Belitung. Keteladanan tokoh dalam kutipan tersebut adalah ….

Bacalah kutipan teks biografi tokoh berikut ini.

Andrea Hirata, penulis buku Laskar Pelangi, dilahirkan di sebuah desa cukup terpencil di Pulau Belitung. Tinggal di sebuah desa dengan segala keterbatasan memang cukup memengaruhi pribadi Andrea sedari kecil. Setelah menyelesaikan pendidikan di kampung halamannya, Andrea lantas memberanikan diri untuk merantau ke Jakarta selepas lulus SMA. Kala itu, keinginannya untuk menggapai cita-cita dan melanjutkan ke bangku kuliah menjadi dorongan terbesar untuk hijrah ke Jakarta. Andrea lantas memulai kehidupan barunya di Bogor sebagai penyotir surat di kantor pos Bogor. Atas dasar usaha kerasnya dalam menggapai cita-cita, Andrea berhasil melanjutkan pendidikannya di Fakultas Ekonomi, Universitas Indonesia. Merasakan bangku kuliah merupakan salah satu cita-citanya sejak ia berangkat dari Belitung.

Keteladanan tokoh dalam kutipan tersebut adalah ….

A. Andrea dilahirkan di sebuah desa yang cukup terpelosok.
B. Sejak kecil Andrea Hirata sudah merantau ke Jakarta.
C. Karya Andrea sangat terkenal dan sudah banyak difilmkan.
D. Kerja keras dan optimis meraih pendidikan yang lebih tinggi.
E. Andrea bangga karena berhasil melanjutkan kuliah di Jakarta.

Jawaban yang benar adalah D.

Teks biografi adalah teks yang menjelaskan kisah hidup seseorang atau tokoh.

Struktur teks biografi terdiri atas tiga bagian, yaitu:
1. Orientasi
Orientasi merupakan bagian awal dari teks biografi. Bagian ini memuat informasi umum sang tokoh, mulai dari nama, tempat dan tanggal lahir, riwayat pendidikan, dan lain-lain.
2. Peristiwa penting
Pada bagian ini disusun secara kronologis atau urutan waktu kejadian. Peristiwa yang ditulis merupakan peristiwa utama atau yang paling berkesan dialami tokoh sehingga pembaca dapat mengambil hikmah dan teladan dari kisah hidup sang tokoh.
3. Reorientasi
Reorientasi merupakan pernyataan kesimpulan mengenai rangkaian peristiwa yang telah dijabarkan sebelumnya.

Baca Juga :  Jelaskan kebudayaan kedudukan Hindu Budha di Nusantara setelah adanya kebudayaan Islam berkembang

Berdasarkan penjelasan di atas, keteladanan tokoh dalam kutipan biografi pada soal adalah kerja keras dan optimis meraih pendidikan yang lebih tinggi. Dibuktikan pada kutipan “Andrea lantas memulai kehidupan barunya di Bogor sebagai penyotir surat di kantor pos Bogor. Atas dasar usaha kerasnya dalam menggapai cita-cita, Andrea berhasil melanjutkan pendidikannya di Fakultas Ekonomi, Universitas Indonesia.”, kutipan tersebut merupakan peristiwa penting yang menjelaskan keteladanan sang tokoh.