Kalimat resensi yang menyatakan keunggulan dalam kutipan cerpen tersebut adalah …

Bacalah kutipan cerpen berikut!

ltulah sebabnya Warso berbuat nekat. Dengan sebilah belati akhirnya ia mencari mangsa. Dari korban pertama yang akan *dirampoknya adalah lelaki berpakaian rapi itu yang berjalan seorang diri melewati gang sepi. Mendengar cerita Warso, lelaki itu tertawa terbahak-bahak.

“Jakarta memang kejam, Bung!” kata lelaki itu setelah mendengar ceritanya.

“Di sini banyak serigala berkeliaran. Kalau tidak hati-hati, engkau mudah dimangsa. Di sini yang berlaku hukum rimba. Siapa cepat dia dapat, siapa kuat dia menang. Jangan bicara hati nurani di sini. Apalagi persahabatan dan kasih sayang. Semua itu omong kosong. Di sini manusia telah menjelma jadi tikus, buaya, bunglon, harimau, kutu busuk, lalat, nyamuk, rayap, kadal, kecoak, dan segala *binatang yang punya sifat licik dan rakus. Tidak hanya kalangan bawah yang kelaparan, kalangan atas justru lebih buas dan rakus lagi. Mereka memakan uang rakyat dengan cara *korupsi.”
Sumber: Bambang Joko Susilo, “Lapar” dalam Jakarta, Oh Jakarta!, Jakarta, Bestari Buana Murni, 201 3

Kalimat resensi yang menyatakan keunggulan dalam kutipan cerpen tersebut adalah …

a. Unsur satire atau sindiran dalam kutipan cerpen menjadi daya tarik tersendiri kutipan cerpen tersebut.
b. Mengedepankan kehidupan nyata, yakni kekerasan hidup yang dialami tokoh sehingga ia melakukan kejahatan.
c. Pemakaian bahasa yang tidak biasa dipakai sehari-hari terlalu berat bagi pembaca untuk mencerna isi cerita.
d. Kehidupan kota besar menjadi unsur menarik yang dapat membuat pembaca larut dalam isi cerpen.

A. Unsur satire atau sindiran dalam kutipan cerpen menjadi daya tarik tersendiri kutipan cerpen tersebut

 

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut di Google News

ilmuantekno.com

Baca Juga :  1.Sepeda motor bergerak dengan kecepatan 36km/jam.Dalam waktu 4 detik,kecepatannya menjadi 18km/jam.Hitung percepatan rata-rata yang dialami sepeda motor tersebut! 2.Sebuah kotak kayu dengan massa 15 kg didorong secara bersamaan ke arah barat dengan gaya 100 N dan ke timur dengan gaya 25 N.Hitung percepatan yang dialami kotak kayu tersebut beserta tentukan arahnya! 3.Sebuah lemari dengan massa 20 kg didorong sehingga mengalami percepatan sebesar 3 m/s².Karena dirasa cukup berat,isi lemari tersebut dikeluarkan.Lemari kembali didorong dengan besar gaya yang sama,sehingga mengalami percepatan 5m/s².Hitung massa dari isi lemari tersebut!​