Jelaskan sumber sejarah romawi!

Jelaskan sumber sejarah romawi!

Jadi, salah satu sumber sejarah Romawi adalah karya sastra yang berjudul Aeneas yang ditulis oleh Vergulius mengenai berdirinya kota Roma.

Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut:

Sumber sejarah adalah segala sesuatu yang memberitahu kita tentang sejarah atau peristiwa di masa lampau. Moh Ali menyatakan bahwa sumber sejarah adalah segala sesuatu yang berwujud (tulisan,benda) dan tidak berwujud (tutur, ucapan, lisan), serta berguna bagi penelitian sejarah Indonesia.

Romawi Kuno adalah sebutan bagi peradaban bangsa Romawi yang dibangun sejak sekitar tahun 800 SM. Peradaban ini dibangun dan dikembangkan oleh masyakatnya di wilayah semenanjung Apenina, atau sekarang dikenal sebagai Italia. Perkembangan Romawi dipengaruhi oleh kondisi geografisnya yang berada di wilayah strategis, yaitu di kawasan Laut Tengah, sehingga cocok untuk perdagangan.

Salah satu sumber sejarah Romawi adalah Karya sastra Epos Aeneas yang ditulis oleh Vergulius. Karya tersebut mengisahkan seorang pelarian dari Troya yang dikalahkan oleh Yunani dalam perang Troya bernama Aeneas ke negeri Latin di Italia. Kemudian putranya yang bernama Ascanius pindah ke pedalaman dan mendirikan kota Alba Longa. Beberapa lama kemudian keturunan Aeneas yang bernama Rhea Silva diusir pamannya yang bernama Amulius karena telah melahirkan bayi kembar bernama Romus dan Romulus. Oleh Amulius kedua bayi tersebut diperintahkan untuk dibuang di sungai Tiber. Kedua bayi tersebut dirawat oleh serigala sampai ditemukan oleh seorang penggembala dan diasuhnya. Setelah dewasa mereka mendirikan kota Roma. Namun Romulus membunuh Remus dalam suatu pertengkaran sehingga Romulus menjadi penguasa tunggal di kota tersebut yang dinamakan Roma. Kemudian, untuk mengenang kisah tersebut dibangunlah patung berbentuk seekor serigala yang sedang menyusui bayi kembar.

Baca Juga :  Total utility adalah ...

Dengan demikian, salah satu sumber sejarah Romawi adalah karya sastra yang berjudul Aeneas yang ditulis oleh Vergulius yang menceritakan bayi kembar Romus dan Romulus dan diabadikan dalam bentuk patung serigala yang sedang menyusui bayi kembar.

Semoga membantu 😊