Breaking News

Keesokan harinya, datanglah pemilik kebun itu menengok kebunnya. Dilihatnya hasil jeratannya sudah membusuk. Pemilik kebun sangat kecewa dan kesal sekali batinnya sebab terlambat datang menjenguk kebunnya sehingga hasil jeratan telah busuk. Sang rusa yang penuh ulat dan lalat itu menahan napas dan menggembungkan badannya. Pemilik kebun itu pun langsung memotong tali jeratnya. Setelah merasakan bahwa tali jerat itu sudah putus, sang rusa langsung melompat dan lari secepat-cepatnya masuk ke hutan. Pemilik kebun yang menyaksikan peristiwa ini tidak habis pikir. la merasa telah tertipu oleh rusa. Kutipan fabel tersebut merupakan bagian ….

14. Bacalah teks fabel berikut.

Keesokan harinya, datanglah pemilik kebun itu menengok kebunnya. Dilihatnya hasil jeratannya sudah membusuk. Pemilik kebun sangat kecewa dan kesal sekali batinnya sebab terlambat datang menjenguk kebunnya sehingga hasil jeratan telah busuk. Sang rusa yang penuh ulat dan lalat itu menahan napas dan menggembungkan badannya. Pemilik kebun itu pun langsung memotong tali jeratnya. Setelah merasakan bahwa tali jerat itu sudah putus, sang rusa langsung melompat dan lari secepat-cepatnya masuk ke hutan. Pemilik kebun yang menyaksikan peristiwa ini tidak habis pikir. la merasa telah tertipu oleh rusa.

Kutipan fabel tersebut merupakan bagian ….

A. orientasi B. komplikasi C. resolusi D. koda

jawab beserta pembahasannya ya

Jawaban yang tepat adalah C.

Untuk memahami alasannya, mari simak pembahasan berikut.

Fabel adalah cerita yang menceritakan kehidupan binatang, tetapi memiliki perilaku layaknya manusia.

Struktur teks fabel, yaitu sebagai berikut.
1) Orientasi: bagian awal dari sebuah cerita yang berisi pengenalan tokoh, latar, peristiwa ataupun awal terjadinya konflik.
2) Komplikasi: bagian cerita yang memuat konflik atau permasalahan yang dialami antartokoh hingga menuju klimaks.
3) Resolusi: bagian cerita yang memuat penyelesaian masalah yang terjadi mulai dari struktur komplikasi.
4) Koda: bagian berisi pesan moral atau amanat yang tertulis dalam ceritanya.

Kutipan fabel tersebut merupakan bagian resolusi. Hal ini dibuktikan dengan bagaimana rusa menyelamatkan diri dari pemilik kebun yang berbunyi, “Sang rusa yang penuh ulat dan lalat itu menahan napas dan menggembungkan badannya. Pemilik kebun itu pun langsung memotong tali jeratnya. Setelah merasakan bahwa tali jerat itu sudah putus, sang rusa langsung melompat dan lari secepat-cepatnya masuk ke hutan….”

Baca Juga :  Persamaan kuadrat yang akar-akarnya tiga kali akar-akar persamaan 𝑥2 + 3𝑥 − 4 = 0 adalah…

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.

Semoga membantu ya 😊