Proses pendengaran dimulai dengan adanya gelombang bunyi yang masuk melalui lubang telinga dan menggetarkan gendang telinga. Selanjutnya getaran akan dilanjutkan ke saraf pendengaran melalui ….

34. Proses pendengaran dimulai dengan adanya gelombang bunyi yang masuk melalui lubang telinga dan menggetarkan gendang telinga.
Selanjutnya getaran akan dilanjutkan ke saraf pendengaran melalui ….
A. koklea – inkus – malleus – stapes
B. inkus – malleus – koklea – stapes
C. malleus – inkus – stapes – koklea
D. stapes – malleus – stapes – koklea

Jawaban yang tepat adalah C. maleus – inkus – stapes – koklea.

Telinga merupakan alat indra yang membantu untuk mendengar. Pada telinga terdapat reseptor khusus untuk mengenali gelombang bunyi. Secara garis besar, telinga manusia terdiri dari tiga bagian yaitu telinga luar, telinga tengah dan telinga dalam. Suatu objek yang bergetar akan menggetarkan molekul udara sehingga menimbulkan gelombang bunyi. Apabila gelombang bunyi sampai ke telinga maka akan masuk melalui telinga luar, saluran pendengaran dan sampai ke membran timpani yang ada di telinga tengah. Hal ini menyebabkan membran timpani ikut bergetar.

Getaran suara dari membran timpani akan diteruskan ke tulang pendengaran di bagian dalam telinga melewati tulang martil (maleus), tulang landasan (incus) dan tulang sanggurdi (stapes) hingga sampai ke tingkap bulat. Getaran suara pada tingkap bulat menyebabkan cairan pada koklea ikut bergetar. Getaran ini akan menstimulasi ujung saraf yang kemudian impuls tersebut akan diteruskan ke pusat pendengaran yang berada di otak. Sampai akhirnya otak akan memproses dan menerjemahkannya sehingga timbul persepsi suara.

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah C. malleus – inkus – stapes – koklea.

Semoga jawabannya membantu ya!

Baca Juga :  Sesuai dengan pengertian dari kedua masalah yaitu ekonomi maritim dengan ekonomi agrikultur, maka dapat kalian simpulkan kedua badan usaha tersebut beroperasi pada lokasi yang berbeda. jelaskan!