Tuliskan persamaan reaksi antara zat-zat berikut! d. Logam kalium dengan air membentuk kalium hidroksida dan gas hidrogen

Tuliskan persamaan reaksi antara zat-zat berikut!
d. Logam kalium dengan air membentuk kalium hidroksida dan gas hidrogen

persamaan reaksi logam kalium dengan air membentuk kalium hidroksida dan gas hidrogen adalah:
K(s) + H2O(l) → KOH(aq) + H2(g).

Agar lebih jelas, simak pembahasan berikut yaa 🙂

Persamaan reaksi terdiri dari zat-zat pereaksi dan hasil reaksi, diantara keduanya dipisahkan dengan tanda panah. Pada soal tersebut, terdapat logam kalium yang disimbolkan dengan K(s) dan air yang memiliki rumus molekul H2O dengan fase zat liquid (l) sebagai zat pereaksi. Sedangkan hasil reaksinya adalah kalium hidroksida yang memiliki rumus molekul KOH dengan fase larutan (aq) dan gas hidrogen dengan rumus molekul H2 dengan fase gas (g). Sehingga persamaan reaksinya dapat ditulis sebagai berikut.

K(s) + H2O(l) → KOH(aq) + H2(g)

Persamaan reaksi lengkap harus dalam keadaan setara, yaitu jumlah atom-atom sejenis pada bagian pereaksi harus sama banyak dengan jumlah atom-atom sejenis pada bagian hasil reaksi. Karena jumlah atom-atom sejenis sudah sama, jadi persamaan reaksinya adalah sebagai berikut:
K(s) + H2O(l) → KOH(aq) + H2(g).

Baca Juga :  Sebanyak 1 mol padatan perak bereaksi dengan 1/2 mol gas klorin membentuk 1 mol perak klorida. Pada reaksi ini terjadi perpindahan kalor dari sistem ke lingkungan sebesar 127 kJ. b. Tuliskanlah persamaan termokimianya!