Nama senyawa tersebut adalah ….

Perhatikan rumus struktur senyawa berikut:

Nama senyawa tersebut adalah ….
a. asam pentaoat
b. 3-metil butanal
c. 3-metil-2-butanol
d. asam-3-metil butanoat
e. 3-metil-1-butanol

Nama senyawa tersebut adalah ....

Jawaban: Opsi jawaban D.

Asam karboksilat merupakan turunan alkana dengan rumus molekul CₓH₂ₓO₂ dan gugus fungsi -COOH. Tata nama IUPAC asam karboksilat adalah asam alkanoat. Penomoran pada asam karboksilat dimulai dari C gugus fungsi.

Berdasarkan soal, penomoran dimulai dari kanan. Rantai utama terdiri dari 4 C, sehingga diberi nama asam butanoat. Pada atom C terdapat cabang metil, sehingga nama senyawa tersebut adalah asam 3-metilbutanoat. Penomorannya dapat dilihat pada gambar terlampir ya.

Jadi, nama senyawa tersebut adalah asam 3-metilbutanoat.

Jawaban: Opsi jawaban D.  Asam karboksilat merupakan turunan alkana dengan rumus molekul CₓH₂ₓO₂ dan gugus fungsi -COOH. Tata nama IUPAC asam karboksilat adalah asam alkanoat. Penomoran pada asam karboksilat dimulai dari C gugus fungsi.  Berdasarkan soal, penomoran dimulai dari kanan. Rantai utama terdiri dari 4 C, sehingga diberi nama asam butanoat. Pada atom C terdapat cabang metil, sehingga nama senyawa tersebut adalah asam 3-metilbutanoat. Penomorannya dapat dilihat pada gambar terlampir ya.  Jadi, nama senyawa tersebut adalah asam 3-metilbutanoat.

Baca Juga :  Karakteristik senyawa organik terdapat pada nomor....