Senyawa X2O memiliki perbandingan massa antar unsur pembentuknya sebagai X:O=8:7. jika telah terbentuk 60g senyawa X2O maka menurut hukum proust…..

senyawa X2O memiliki perbandingan massa antar unsur pembentuknya sebagai X:O=8:7. jika telah terbentuk 60g senyawa X2O maka menurut hukum proust…..
a. telah bereaksi 28,0 g unsur X
b. telah bereaksi 32,0g unsur X
c. telah bereaski 32,0 g unsur O
d. telah bereaski 52,5 g unsur O
e. telah bereaksi 52,5 g unsur X

jawaban yang benar dari pertanyaan tersebut adalah B.

Agar lebih jelas, simak pembahasan berikut yaa 🙂

Berdasarkan hukum perbandingan tetap yang dikemukakan oleh Proust, perbandingan massa unsur-unsur pembentuk suatu senyawa selalu tetap. Pada soal diketahui perbandingan massa unsur X : massa unsur O dalam senyawa X2O adalah 8 : 7. Jika terdapat 60 gram zat X2O, maka massa unsur X dan Y harus mengikuti perbandingan 8 :7.

Maka massa X dalam senyawa tersebut adalah:
massa X = perbandingan X / perbandingan X+O x massa X2O
massa X = 8 / 15 x 60 gram
massa X = 32 gram

Sedangkan massa O:
massa O = perbandingan O / perbandingan X+O x massa X2O
massa O = 7 / 15 x 60 gram
massa O = 28 gram

Jadi, pernyataan yang benar menurut hukum Proust adalah telah bereaksi 32,0 g unsur X.

Baca Juga :  Bacalah wacana berikut! Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menginformasikan beberapa wilayah perairan, terutama perairan di selatan Pulau Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara, serta sebelah barat Sumatera berpotensi terjadi gelombang laut setinggi 4-6 meter. Warga sekitar diharapkan lebih meningkatkan kewaspadaan. Fenomena pada wacana dapat meningkatkan laju abrasi di daerah pesisir. Upaya konservasi yang tepat untuk mengurangi laju abrasi adalah …..