Merokok dapat menyebabkan gangguan pada organ pernapasan manusia, karena di dalam rokook terdapat zat-zat yang berbahaya seperti ….

Merokok dapat menyebabkan gangguan pada organ pernapasan manusia, karena di dalam rokook terdapat zat-zat yang berbahaya seperti ….
a. Tar dan arsenik
b. Kafein dan karbondioksida
c. Glukosa dan etanol
d. Nikotin dan antioksidan

Jawaban yang tepat adalah A. tar dan arsenik.

Rokok merupakan produk yang membahayakan karena dapat menyebabkan gangguan pada sistem pernapasan. Ada tiga macam bahan kimia paling berbahaya yang terdapat di dalam rokok, yaitu nikotin, tar dan karbon monoksida. Nikotin akan merangsang zat kimia pada otak sehingga menyebabkan kecanduan dan merangsang hormon adrenalin untuk menghasilkan hormon yang mengganggu kerja jantung. Akibatnya, denyut jantung dan tekanan darah akan meningkat.

Tar merupakan sisa pembakaran berwarna hitam dan sangat lengket. Tar sangat berbahaya karena merupakan bahan karsinogenik (bahan perangsang timbulnya kanker). Arsenik merupakan salah satu bahan karsinogenik golongan pertama yang terdapat pada rokok. Sedangkan karbon monoksida merupakan hasil pembakaran yang tidak sempurna. Orang yang menghirup asap rokok, di dalam sel-selnya terdapat karbon monoksida yang menggantikan oksigen sehingga tubuh akan kekurangan oksigen.

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah A. tar dan arsenik.

Baca Juga :  Apa yang terjadi jika terjadi tubrukan antara 2 lempeng ke atas.......​