Jelaskan proses pembentukkan urine

Jelaskan proses pembentukkan urine

Jawabannya akan dijelaskan dibawah ini.

Yuk simak penjelasan berikut ini!

Urine adalah proses pembuangan sisa cairan tubuh melalui proses ekskresi dari ginjal yang kemudian dikeluarkan dari dalam tubuh melalui saluran kemih. Urine biasanya mengandung zat yang sudah tidak diperlukan oleh tubuh, apabila tidak dibuang atau dikeluarkan dari dalam tubuh, maka itu justru dapat menjadi racun bagi tubuh. Proses pembentukan urine terjadi di ginjal. Fungsi utama ginjal adalah menyaring darah. Setelah proses penyaringan tersebut, zat sisa berbentuk urine dikeluarkan.

Proses pembentukan urine yaitu:
a. Filtrasi (penyaringan): proses penyaringan darah di mulai di ginjal. Kemudian darah akan disaring karena dapat menjadi racun untuk tubuh. Filtrasi terjadi di glomerulus dan menghasilkan urine primer.
b. Reabsorpsi: molekul dan ion akan diserap kembali ke dalam sirkulasi darah. Proses reabsorpsi akan melewati nefron, lengkung Henle, dan saluran pengumpul. Tempat terjadinya reabsorpsi adalah tubulus proksimal dan menghasilkan urine sekunder.
c. Augmentasi: proses penambahan zat sisa dan urea yang mulai terjadi di tubulus kontortus distal. Augmentasi menghasilkan urine sesungguhnya yang akan dikeluarkan lewat uretra.

Jadi, proses pembentukan urine seperti yang sudah dijelaskan diatas.

Baca Juga :  Re-arrange these following words inti good sentences. 1the - 2is - 3most - 4diligent - 5her - 6in - 7class - 8Lina