Breaking News

Bukti latar cerpen tersebut pada malam hari ditunjukan kalimat nomor….

Racalah kutipan cerita berikut.
1) Aku berteriak girang sambil meniup sayap sayap laron yang luruh ke lantal. 2) Indah sekali. 3) Aku membayangkan saat itu sedang hujan sayap, sayap peri. 4)Tapi, tiba-tiba bapak muncul dari kamarnya dan berteriak-teriak. 4) Aku mengkerut. 5) “Dasar bocah nakal, pintunya kok malah dibuka. Laronnya masuk semua!” teriak bapak sambil menutup – pintu depan yang tadi kubuka sedikit. 6) la menutupnya dengan setengah membanting.

Bukti latar cerpen tersebut pada malam hari ditunjukan kalimat nomor….
A. 1) dan 3)
B. 1) dan 5)
C. 3) dan 5)
D. 4) dan 6)

Jawaban yang tepat adalah pilihan B.

Untuk memahami alasan jawaban tersebut, berikut adalah pembahasannya.

Latar/setting adalah keterangan yang menyebutkan latar tempat, waktu, atau suasana yang terdapat dalam cerita. Latar termasuk ke dalam salah satu unsur intrinsik di dalam karya sastra. Latar secara umum menyebutkan tempat terjadinya peristiwa, waktu terjadinya peristiwa, dan suasana yang tergambar dalam karya sastra. Salah satu jenis latar adalah latar waktu. Latar waktu adalah latar yang menyebutkan kapan terjadinya suatu peristiwa dalam cerita.

Latar waktu pada teks tersebut tergambar pada kalimat (1) “Aku berteriak girang sambil meniup sayap-sayap laron yang luruh ke lantal.” dan kalimat 5) “‘Dasar bocah nakal, pintunya kok malah dibuka. Laronnya masuk semua!’ teriak bapak sambil menutup – pintu depan yang tadi kubuka sedikit.” Pengungkapan “laron” menunjukkan bahwa penulis menyatakan latar waktu malam hari secara implisit pada kalimat (1) dan (5) sebab laron hanya keluar pada malam hari.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan B.

Daftar isi